Connect with us

Kesehatan

9 Cara Mengatasi Mata Sayu agar Terlihat Segar

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi mata sayu

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mata sayu merupakan kondisi dimana turunnya kelopak mata bagian karena gangguan pada saraf yang melayani kelopak mata atas. Kondisi ini bisa membuat penderitanya merasa terganggu dan tidak percaya diri. Jika demikian, penting untuk mengetahui cara mengatasi mata sayu supaya terlihat lebih segar.

Dalam istilah medis, mata sayu disebut sebagai ptosis atau blepharoptosis. Mata sayu sebenarnya bisa dibilang mata yang terlihat mengantuk atau tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas. Ada beberapa penyabab mata sayu, diantaranya efek samping gaya hidup, terlalu banyak menangis, penuaan, cedera mata, hingga bawaan lahir.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Untungnya, ada beragam cara mengatasi mata sayu yang bisa diterapkan di rumah dengan mudah. Meski cara ini dibeberapa kasus tidak mengatasi secara utuh, paling tidak bisa mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut beberapa cara mengatasi mata sayu yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kompres mata

Cara mengatasi mata sayu yang pertama yaitu mengompres mata. Ketika mata terlihat sayu, cobalah kompres mata dengan kompresan dingin untuk membantu mengurangi efek bengkak pada mata sayu. Selain itu, Anda juga bisa mengompres kelopak mata menggunakan kantong teh atau irisan mentimun.

Advertisement

2. Tetap terhidrasi

Saat mata nampak sayu, cara mengatasi mata sayu yang paling mudah yakni menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tak hanya berdampak pada tubuh, seseorang yang dehidrasi juga bisa berdampak pada mata.

Untuk itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Dengan begitu, kesehatan mata dapat terjaga dan mata tidak terlihat sayu.

3. Relaksasi mata

Cara mengatasi mata sayu berikutnya yaitu relaksasi mata. Salah satu penyebab mata terlihat sayu adalah mata lelah. Jika demikian, mencoba relaksasi mata. Teknik ini dianggap bisa mengurangi mata kemerahan, bengkak, hingga mata lelah.

Untuk mengaplikasikannya, cobalah menutup mata sejenak dan membukanya sambil melirik ke kiri beberapa detik, dan kanan beberapa detik, kemudian ke atas dan bawah.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Selain relaksasi mata, cara mengatasi mata sayu juga dibisa dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang baik untuk mata bisa menunjang mata menjadi lebih sehat, seperti wortel dan anggur.

Advertisement

Meskipun cara ini tidak bisa mengatasi penyebab mata sayu, namun paling tidak dapat mengurangi efek yang ditimbulkan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Lelah, Dapat Anda Terapkan Dirumah

5. Berkedip

Seseorang yang berkedip bukanlah kebiasaan ini yang aneh dan tidak berguna. Sebab, berkedip ternyata bisa meningkatkan produksi cairan di mata sehingga mata tidak kering dan tetap lembap. Metode ini cocok diaplikasikan bagi mereka yang tidak jauh dari depan layar monitor seperti laptop, komputer, ponsel, dan televisi.

6. Terapkan gaya hidup sehat

Tidur kurang dari 6 hingga 8 jam di malam hari dan terpapar asap rokok bisa menjadi penyebab mata sayu. Karena hal tersebut, sebaiknya tinggalkan kebiasaan merokok atau begadang karena bisa menyebabkan mata sayu.

Tak hanya berfungsi bagi mata, menjalani gaya hidup yang sehat juga dapat menjauhkan Anda dari berbagai gangguan kesehatan. Mulai saat ini, terapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup, menjaga pola makan, hindari stres, dan mencukupi asupan cairan harian.

7. Obat tetes mata

Seseorang yang bekerja di ruangan ber-AC akan membuat kulit dan mata menjadi kering, terlebih jika berada di depan laptop seharian. Supaya mata tidak kering, gunakan obat tetes mata untuk membantu melebabkan mata. Pastikan menggunakannya dengan dosis yang tepat.

Advertisement

8. Kruk ptosis

Salah satu cara mengatasi mata sayu adalah penggunaan kruk ptosis. Alat ini bisa digunakan pada mata sayu yang parah ketika penglihatan terhalang oleh kelopak mata tanpa bedah. Metode ini melibatkan penambahan lampiran ke bingkai kacamata dengan menahan kelopak mata di tempatnya sehingga dapat membantu mengangkat kelopak mata yang turun.

9. Operasi

Jika cara mengatasi mata sayu diatas dirasa tidak membuahkan hasil, cara terakhir yang bisa ditempuh adalah operasi. Dokter akan melakukan operasi untuk mengencangkan otot-otot di sekitar mata supaya kelopak mata bisa kembali naik.

Prosedur operasi ini secara umum dinilai aman untuk dilakukan. Meski begitu, risiko terjadinya komplikasi masih tetap ada dan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.***

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami, Perlu Diketahui

Advertisement
Lanjutkan Membaca