Connect with us

Kesehatan

7 Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Secara Alami

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengeluarkan ulat gigi

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Gigi berlubang merupakan salah satu kondisi yang menyebalkan. Di masa lalu, banyak orang mengira bahwa penyebabnya adalah cacing atau ulat gigi. Meski begitu, banyak orang mempercayai hal ini dan mencari cara mengeluarkan ulat gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Dilansir dari sehatq, seorang ahli asal Perancis pada tahun 1728, mulai meneliti lebih jauh tentang penyebab gigi berlubang secara ilmiah. Hasilnya, kepercayaan tentang ulat gigi ternyata tidak benar. Menurutnya, terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi berlubang, dan ulat gigi bukanlah salah satunya.

Penyebab utama sakit gigi sebenarnya adalah bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi karena plak. Terbentuknya plak terjadi saat ada penumpukan bakteri di gigi. Selanjutnya, gigi berlubang tersebut akan menimbulkan rasa nyeri.

Walau hanya sekedar mitos, kerusakan dan ulat gigi memang benar-benar ada. Tidak ada salahnya kamu mencari tahu tentang cara mengeluarkan ulat gigi yang mudah diterapkan di rumah.

Baca juga: Gigi dan Gusi Tak Terawat Dapat Tingkatkan Risiko Penyakit

Berikut beberapa cara mengeluarkan ulat gigi yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Berkumur air garam

Cara mengeluarkan ulat gigi yang pertama yaitu berkumur dengan air garam. Air garam sudah dikenal dapat mengatasi sakit gigi. Air asin ini mampu menghilangkan bakteri dan lengket karena mempunyai sifat anti bakteri, anti inflamasi dan analgesik. Sehingga bisa menetralkan pH di mulut dengan menghilangkan asam.

2. Menggunakan kunyit

Kunyit bisa menjadi salah satu bahan alami sebagai cara mengeluarkan ulat gigi. Kandungan sifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik. Caranya mudah, cukup mencampurkan kunyit dengan minyak mustard hingga menjadi pasta dan oleskan pada gigi berlubang. Atau kamu bisa mengunyahanya secara langsung untuk membunuh ulat gigi.

3. Obat kumur berflourida

Cara mengeluarkan ulat gigi berikutnya yaitu menggunakan obat kumur berflourida. Obat kumur ini dianggap efektif dalam mengatasi kerusakan pada gigi. Fluorida juga baik untuk gigi dan membantu memulihkan mineral di gigi. Berkumur dengan obat ini bisa mengeluarkan ulat gigi.

4. Cengkeh

Obat alami yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit gigi adalah cengkeh. Bahan alami ini bisa menjaga kesehatan mulut, termasuk mengeluarkan ulat gigi. Cengkeh mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat meredakan nyeri gigi dan masalah gigi lainnya.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Ampuh dan Efektif

5. Bawang putih

Bawang putih yang biasanya digunakan untuk berbagai masakan ternyata bisa digunakan sebagai cara mengeluarkan ulat gigi. Sifat antijamur dan antibakteri yang dimilikinya bisa bekerja untuk menghilangkan rasa sakit.

Advertisement

Cara mengeluarkan ulat gigi dengan bawang putih cukup mudah, cukup haluskan bawang putih dan campurkan dengan garam. Lalu, aplikasikan pada gigi berlubang. Bawang putih akan berkerja sebagai antibiotik alami.

6. Soda kue

Selain bawang putih, cara mengeluarkan ulat gigi juga bisa memanafaatkan soda kue. Senyawa antimikroba tersebut dapat menyeimbangkan kadar pH didalam mulut dan bisa mencegah kerusakan gigi.

Untuk mengaplikasikannya, larutkan baking soda dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur. Tak hanya mengeluarkan ulat gigi, soda kue juga dapat membantu memutihkan gigi.

7. Minyak pohon teh

Cara mengeluarkan ulat gigi yang terakhir adalah minyak pohon teh atau tea tree oil. Sifat antiseptik, dan anti-inflamasinya bisa melawan rasa sakit, dan membunuh ulat pada gigi. Caranya sederhana, kamu hanya perlu, memijat gigi dan gusi dengan minyak pohon teh, lalu berkumur dengan air hangat.***

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Tidak Perlu ke Dokter

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *