Home Lifestyle 6 Pilihan Menu Sarapan agar Semangat di Pagi Hari

6 Pilihan Menu Sarapan agar Semangat di Pagi Hari

oleh Hana Chaniago
Menu sarapan agar semangat

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah selama ini kamu sudah mengetahui menu sarapan agar semangat di pagi hari? Selain memberi dorongan untuk beraktivitas, sarapan sehat termasuk cara terbaik untuk memupuk zat gizi penting. Jika kamu melewatkan asupan gizi saat sarapan, kecil peluang bagi tubuh untuk mudah terkena penyakit di kemudian hari.

Banyak juga bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sarapan dapat mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Guna memperoleh manfaat ini, menu sarapan pagi kamu harus menyehatkan.

Berikut beberapa pilihan menu sarapan yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Telur

Menu sarapan agar semangat yang pertama adalah telur. Telur mengandung berbagai semua zat gizi yang penting bagi tubuh, khususnya protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan makanan berbagai protein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari.

Selain itu, konsumsi setidaknya 8 – 10 gram hingga 20 – 25 gram protein tidak membuat kamu sekedar kenyang lebih lama. Zat gizi dengan fungsi utama sebagai pembangun sel tubuh ini juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu.

Kuning telur pun tinggi akan kandungan vitamin B serta kolin yang penting untuk ketajaman memori. Bahan makanan ini mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata.

2. Teh

Menu sarapan agar semangat yang kedua adalah teh. Teh dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tidak menyukai kopi, tetapi tetap membutuhkan semangat dari kandungan kafein. Seperti kopi, teh tinggi akan oksidan yang mampu menaikkan kerja sistem imun dan efektif seperti obat antiperadangan.

Lengkapi sarapan pagi kamu dengan teh melati, teh hijau atau teh hitam. Pilihlah teh yang kamu suka, tapi jangan terlalu banyak menggunakan gula. Kandungan L-theanine pada teh mampu membangkitakan kewaspadaan dan membantu menajamkan fokus.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Hijau, dapat Meningkatkan Kesuburan

3. Greek Yogurt

Menu sarapan agar semangat yang ketiga adalah greek yogurt. Kandungan protein yang terdapat pada greek yogurt bahkan dua kali lipat lebih tinggi dari yogurt biasa. Bahan pangan ini juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.

Agar menu sarapan pagi kamu tetap sehat, usahakan untuk menggunakan greek yogurt tawar tanpa tambahan perasa apapun. Hal ini mencegah asupan gula tambahan yang tidak menyehatkan.

4. Kopi tanpa Banyak Gula

Menu sarapan agar semangat yang keempat adalah kopi tanpa banyak gula. Meskipun minum terlalu banyak kopi berdampak buruk bagi kesehatan, tidak ada salahnya meneguk segelas kopi hangat untuk memulai hari.

Segelas kopi memiliki kandungan aantioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kemampuan kognitif otak. Minum kipo di pagi hari juga diyakini bisa menangkal kanker. termasuk kanker karsinoma sel basal, dan melindungi kamu dari diabtees tipe 2.

5. Oatmeal

Menu sarapan agar semangat yang kelima adalah oatmeal. Konsumsi gandum utuh bisa menurunkan risiko kamu dari mengalami sejumlah masalah kesehatan., termasuk hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Oatmeal juga mengandung lignan, zat kimia nabati yang berpotensi mencegah penyakit jantung. Selain itu, semangkuk oatmeal dalam menu sarapan sehat kaya akan zat besi, vitamin B kompleks, magnesium dan serat untuk pencernaan.

Baca juga: 8 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh, Menu Sarapan Kaya akan Antioksidan

6. Pisang

Menu sarapan agar semangat yang terakhir adalah pisang. Meskipun cukup tinggi kalori, pisang kaya akan serat alami, vitamin C dan mineral kalium. Pisang berukuran sedang memiliki 422 miligram kandungan kalium dan sama sekali tidak mengandung sodium.

Kombinasi tersebut dapat membantu kamu mengelola tekanan darah. Selain kaya akan mineral, pati dan serat dalam pisang juga dapat menghasilkan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, peluang untuk ngemil di siang hari akan berkurang.***

You may also like