Home Lifestyle 6 Manfaat Masker Timun, Ternyata dapat Mencegah Penuaan

6 Manfaat Masker Timun, Ternyata dapat Mencegah Penuaan

oleh Hana Chaniago
manfaat masker timun

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat masker timun? Masker wajah merupakan salah satu rangkaian dari skincare dalam memiliki wajah yang sehat. Adapun masker timun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit.

Timun atau ketimun, biasanya dimanfaatkan untuk sajian menu makanan. Tidak jarang, banyak orang menggunakan timun untuk perawatan kulit. Jika biasanya kita menggunakan timun untuk masker mata, adapun fungsi masker timun lainnya untuk kulit kita.

Berikut beberapa masker timun yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mencegah Kulit Kering

Manfaat masker timun yang pertama adalah mencegah kulit kering. Masker timun organik ini dapat menjadikan kulit tidak lagi dehidrasi.

Manfaat masker timun dapat dirasakan bagi kamu yang rutin menggunakan perawatan kulit ini. Kamu dapat mencampurkan timun ini dengan kaolin putih yang mampu menyerap kotoran secara maksimal.

2. Mencegah Penuaan

Manfaat masker timun yang kedua adalah dapat mencegah penuaan. Menurut sebuah studi dalam mentimun dapat mejadikannya salah satu cara untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, masker timun mengandung vitamin C dan asam folat.

Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel baru, sedangkan asam folat membantu melawan racun atau kotoran debu yang dapat membuat kulit terlihat lelah atau menua sebelum waktunya. Jika digabungkan, komponen-komponen ini bermanfaat untuk kulit lebih kencang dan lebih sehat.

3. Menghilangkan Selulit

Manfaat masker timun yang ketiga adalah menghilangkan selulit. Selulit merupakan amsalah kulit umum yang dihadapi oleh kebanyakan wanita. Selain untuk kesehatan wajah, mentimun juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan selulit.

Jus mentimun mengandung fitokimia yang membantu produksi kolagen dan meningkatkan elastiistas kulit sekaligus dapat menghilangkan selulit. Sehingga cara ini bisa kamu coba dengan mudah dirumah.

Baca juga: 14 Mitos dan Fakta Tentang Selulit, Nomor 4 Wajib Tahu

4. Mencegah Iritasi Kulit

Manfaat masker timun yang keempat adalah mencegah iritasi kulit. Efek dingin dan anti-inflamasi dari amsker timun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam.

Sinar matahari dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi, yang juga dapat memperburuk lapisan kulit. Masker timun dapat meredakan kulit dari kemerahan dan peradangan serta memberi efek menyegarkan setelah pengaplikasian.

5. Sebagai Toner Wajah

Manfaat masker timun yang kelima adalah sebagai toner wajah. Cara membuat toner timun ini cukup mudah. Pertama, cuci bersih timun yang akan digunakan serta mengupas kulitnya, Kemudian, iris timun tipis-tipis dan masukkan panci.

Tambahkan air secukupnya ke dalam panci, lalu panaskan di atas kompor berapi kecil selama 5 hingga 7 menit. Jika sudah selesai, haluskan timun yang sudah dimasak dengan blender hingga lembut. Saring airnya, kemudian pindahkan ke dalam botol kecil untuk digunakan sebagai toner wajah.

6. Sabun Cuci Muka

Manfaat masker timun yang terakhir adalah sebagai sabun cuci muka. Cara membuat perasan air timun untuk cuci muka cukup mudah. Campurkan air timun dan bahan-bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, teh hijau dan cuka apel.

Lakukan cara ini secara rutin di pagi hari untuk mendapatkan sensasi segar dan dingin dari perasan air timun. Untuk jenis kulit sensitif, sebaiknya hindari cara ini, agar tidak memicu iritasi dan kulit kering.***

Baca juga: 7 Jenis Masker Wajah, Sesuaikan dengan Tipe Kulit Wajah Kamu Ya!

You may also like

Tinggalkan Komentar