Home Lifestyle 7 Cara Menghilangkan Gatal Karena Ulat, Jangan Digaruk Ya!

7 Cara Menghilangkan Gatal Karena Ulat, Jangan Digaruk Ya!

oleh Hana Chaniago
cara menghilangkan gatal karena ulat

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Kulit gatal tidak selalu karena digigit nyamuk, namun juga bisa disebabkan karena ulat. Jika digigit nyamuk dapat diatasi dengan mengoleskan minyak, beda hal nya dengan cara menghilangkan gatal karena ulat.

Ulat merupakan salah satu jenis serangga yang cukup membahayakan, salah satunya ulat bulu. Tidak heran juka sejumlah orang tidak menyukai kehadiran serangga ini dirumah.

Menurut DermNet NZ, sejumlah ulat dapat menularkan racunnya ke dalam kulit manusia secara cepat. Reaksi yang ditimbulkan akibat racun ini seperti gatal, iritasi hingga kulit bernanah.

Berikut cara menghilangkan gatal karena ulat yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Lepaskan Ulat dari Kulit

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang pertama adalah lepaskan ulat dari kulit. Hindari menggunakan tangan langsung tanpa menggunakan alat atau sarung tangan saat melepaskan ulat dari kulit kamu.

Dalam cara untuk menghilangkan gatal karena ulat, pastikan serangga ini tidak ada di anggota tubuh kita. Membiarkan ulat terlalu lama di kulit, membuat efek samping yang ditimbulkan akan semakin parah. Pastikan sisa bulu-bulu di kulit yang menempel juga telah dihilangkan.

2. Bilas Area Tersebut

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang kedua adalah bilas area tersebut. Setelah ulat berhasil dilepaskan, tahapan yang satu ini perlu langsung dilakukan. Bilaslah dengan menggunakan air mengalir pada area yang terkena serangan ulat.

Bilas dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan sisa-sisa racun dan mencegah terjadinya infeksi bakteri. Gunakan air dingin atau air biasa untuk melakukan tahapan ini. Hindai menggunakan air yang cukup panas.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami

3. Lepaskan Pakaian yang Terkontaminasi

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang ketiga adalah lepaskan pakaian yang terkontaminasi oleh serangan ulat. Mungkin secara tidak sadar, ulat yang menempel di kulit membuat pakaian kita ikut terkontaminasi.

Untuk itu, lepaskan pakaian yang telah digunakan dan segera ganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping susulan di area tubuh lain. Segera bersihkan pakaian yang terkontaminasi agar racun-racun dari ulat segera hilang.

4. Hindari Menggaruk Kulit

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang keempat adalah hindari menggaruk kulit. Kulit terasa gatal akibat serangan serangga tersebut? Jangan menggaruknya karena hanya akan memperparah gejala akibat gigitan ular.

Dalam tahapan ini, pastikan kesehatan tubuh juga diperhatikan. Minumlah air putih yang cukup banyak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Menggunakan Bahan Alami

5. Kompres Menggunakan Es

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang pertama adalah kompres menggunakan es. Dilansir dari Academy of Dermatology Association, mengompres es dapat dapat membantu mengurangi gatal di area kulit yang terkena serangan ulat.

Hindari menggunakan es batu secara langsung pada kulit. Berikut cara mengompres kulit untuk menghilangkan rasa gatal:

  • Gunakan handuk kecil atau kain untuk mengompres air dingin.
  • Kompres kulit dalam beberapa menit.
  • Pastikan area kulit di sekitarnya juga terkompres dengan baik.
  • Hentikan kompresan apabila timbul reaksi lain yang memperparah gejala.

6. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang keenam adalah menggunakan baking soda. Menurut Claveland Clinic, baking soda yang dicampurkan dengan air dapat mengatasi rasa gatal pada kulit akibat gigitan ular.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa gatal:

  • Gunakan beberapa sendok baking soda dan campurkan dengan sejumlah air.
  • Aduk campuran hingga membentuk pasta atau bubur halus.
  • Oleskan tipis-tipis di area kulit yang gatal.
  • Biarkan dalam beberapa menit hingga meresap ke kulit.
  • Bilas setelahnya hingga bersih tanpa meninggalkan sisa.

7. Manfaatkan Khasiat Kunyit

Cara menghilangkan gatal karena ulat yang terakhir adalah manfaatkan khasiat kunyit. Kunyit memiliki sifat antiradang yang dapat meredakan rasa gatal pada kulit. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat mempercepat luka menjadi kering.

Berikut langkah-langkah menggunakan olahan kunyit:

  • Hancurkan kunyit dengan diparut atau diblender
  • pastikan teksturnya cukup lembut untuk dioleskan ke kulit.
  • Oleskan kunyit di kulit yang gatal.
  • Biarkan dalam beberapa menit hingga khasiatnya meresap.
  • Bilas dengan air bersih hingga tanpa sisa.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

You may also like

Tinggalkan Komentar