Home LifestyleGadget 8 Cara Menghilangkan Jamur di HP, Mudah Diterapkan!

8 Cara Menghilangkan Jamur di HP, Mudah Diterapkan!

oleh Farhan Zuhdi
cara menghilangkan jamur di hp

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Handphone atau HP merupakan salah satu alat elektronik yang tidak dipisahkan dari kehidupan saat ini. Telepon genggam sudah menjadi alat yang sangat penting di zaman sekarang. Namun, masih banyak orang masih acuh tak acuh terhadap ponsel mereka dan tak jarang menyebabkan timbulnya jamur.

Sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan jamur di HP. Akan tetapi, munculnya jamur di ponsel sering tidak disadari pemiliknya. Banyak orang yang beranggapan timbulnya jamur bisa disebebkan oleh bahan dari ponsel itu sendiri atau karena terlalu lama menggunakan ‘casing’.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Terdapat berbagai cara menghilangkan jamur di HP yang mudah dilakukan di rumah.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Bisa Kamu Lakukan Dirumah

Berikut beberapa cara menghilangkan jamur di HP yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Tisu basah

Cara menghilangkan jamur di HP yang pertama yaitu dengan tisu basah. Cara ini merupakan cara paling simple karena alkohol di dalamnya terbukti bisa membasmi jamur yang menempel di ponsel Anda. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Siapkan tisu basah.
  • Gosoklah pada bagian ponsel atau casing yang berjamur hingga bersih.
  • Diamkan beberapa saat dan HP anda menjadi bersih kembali.

2. Sabun cuci piring

cara menghilangkan jamur di hp

Ilustrasi sabun cuci piring (Foto: Istimewa)

Sabun cuci piring memiliki kegunaan untuk mencuci piring. Tak hanya itu, ternyata sabun cuci piring bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jamur di HP. Jika jamur muncul di casing HP, lepas casing tersebut dan cuci sampai bersih dan keirngkan.

Tapi, jika muncul di layar atau bagian lainnya pada ponsel, terapkan secara hati-hati agar air tidak masuk ke dalam bagian dalam ponsel yang bisa merusak.

3. Hand sanitizer

Cara menghilangkan jamur di HP berikutnya yaitu memanfaatkan hand sanitizer. Bukan hanya menyingkirkan kuman, hand sanitizer bisa digunakan untuk membantu menghilangkan jamur pada handphone.

Alkohol yang ada di dalamnya bisa membasmi noda yang menempel di smartphone Anda. Cukup tuangkan hand sanitizer secukupnya pada HP yang berjamur dan usap dengan tisu kering. Apabila sudah bersih, ambil tisu kering untuk membersihkan sisa kotoran tersebut.

4. Minyak kayu putih

cara menghilangkan jamur di hp

Ilustrasi minyak kayu putih (Foto: Istimewa)

Selain hand sanitizer, cara menghilangkan jamur di HP juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih. Kandungan di dalamnya dianggap bisa membersihkan ponsel yang berjamur. Caranya mudah, teteskan minyak kayu di HP dan gosok dengan tisu kering. Ulangi beberapa kali, kemudian keringkan dan bersih sisa kotoran dengan kain kering.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Secara Efektif

5. Gunakan alkohol

Salah satu cara menghilangkan jamur di HP adalah menggunakan alkohol. Cara ini juga sangat gampang untuk dilakukan. Caranya, tuangkan alkohol secukupnya pada kain lembut. Setelah itu, gosok kain tersebut pada bagian ponsel yang terdapat noda. Lalu, bersihkan sisa-sisa kotoran dengan tisu atau kain bersih.

6. Baking soda

cara menghilangkan jamur di hp

Ilustrasi soda kue (Foto: Istimewa)

Baking soda yang biasa digunakan sebagai bahan membuat kue, nyatanya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur di smartphone. Selain ponsel, baking soda dikenal mampu membersihkan peralatan lainnya.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga berubah tekstur menjadi pasta. Anda bisa mengoleskan pada bagian ponsel tertentu dengan kain. Lalu, basuh secara perlahan sampai HP menjadi bersih.

7. Beras kering

Apakah Anda sudah tahu bahwa beras bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jamur di HP? Jika Anda tidak percaya, cobalah untuk menggunakan beras kering untuk membamsi jamur tersebut. Caranya, siapkan terlebih dahulu kain dan beras kering pada sebuah wadah.

Masukkan HP berjamur kedalam beras kering tersebut. Diamkan beberapa saat, kemudian bersihkanlah menggunakan kain bersih.

8. Menggunakan sinar Phonesoap’s UV Charger

cara menghilangkan jamur di hp

Phonesoap’s UV Charger (Istimewa)

Apabila cara menghilangkan jamur di HP yang sebelumnya kurang efektif, Anda bisa mencoba menggunakan Phonesoap’s UV Charger. Alat canggih ini bisa membantu menghilangkan jamur dengan mudah pada ponsel.

Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu memasukkan HP ke dalam alat tersebut dan menekan tombol. Dengan begitu, ponsel Anda bisa terbebas dari jamur.***

Baca juga: 8 Cara Mengatasi HP Lemot Berbasis Andorid dengan Mudah

You may also like