Connect with us

Internasional

Presiden Rusia, Iran dan Turki akan Bertemu di Teheran Pekan Depan, Apa yang Dibahas?

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Rusia, Iran dan Turki akan Bertemu di Teheran

Presiden Rusia, Iran dan Turki akan Bertemu di Teheran, Iran pada Selasa depan (19/7/2022) (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Presiden Rusia, Vladimir Putin akan bertolak ke Teheran, Iran pada Selasa depan (19/7/2022). Disana, Putin akan melakukan pertemuan trilateral dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan ketiga pemimpin negara itu akan melakukan pembicaraan tiga pihak.

Rusia, Iran, dan Turki adalah tiga negara penjamin proses Astana, yaitu pembicaraan yang dirancang untuk mencari penyelesaian perdamaian di Suriah.

Kremlin pada Senin (11/7) mengatakan bahwa Putin dan Erdogan akan melakukan pertemuan secara luring, tak lama setelah kedua pemimpin berbicara di telepon soal upaya-upaya memfasilitasi ekspor biji-bijian dari Ukraina.

Baca juga: Saat Bersama Putin, Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Memiliki Kepentingan Apa pun, Kecuali…

“Putin juga akan bertemu secara terpisah dengan Erdogan saat berada di Teheran,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Advertisement

Erdogan berperan sebagai mediator antara Rusia dan Ukraina sejak Moskow mulai mengerahkan pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari.

Selain itu, meningkatkan hubungan ekonomi antara Iran dan Rusia juga menjadi prioritas kunjungan Putin ke Teheran minggu depan,” kata seorang anggota parlemen Iran, dikutip Al-arabiya, Rabu (13/7/2022).

“Perencanaan pengembangan kerja sama ekonomi antara Iran dan Rusia akan menjadi prioritas konsultasi antara [Putin dan Raisi],” kata kantor berita resmi Iran, IRNA mengutip kepala komite ekonomi parlemen Iran, Mohammadreza Pourebrahimi.

Kunjungan ke Iran itu diketahui akan menjadi lawatan kedua Putin ke luar negeri sejak pasukan Rusia mulai masuk ke Ukraina pada 24 Februari. Sebelumnya pada akhir Juni, Putin melakukan kunjungan ke Asia Tengah.***

Baca juga: Presiden Jokowi Siap Jembatani Komunikasi Rusia dan Ukraina

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement