Connect with us

Internasional

Mangga Termahal di Dunia, Capai Rp51 Juta per Kg

Avatar

Diterbitkan

pada

Mangga Miyazaki, mangga termahal di dunia. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Mangga Miyazaki merupakan salah satu buah termahal di dunia. Di India mangga tersebut dijual di kisaran harga Rp 51 juta perkilogram. Karena itulah, sepasang petani di Madhya Pradesh, India menjaga kebun mangga Miyazaki tersebut dengan enam anjing dan menyewa empat penjaga.

Mangga miyazaki adalah varietas mangga asal Jepang yang termasuk jenis mangga termahal di dunia. Mengutip Times Now, pasangan petani bernama Rani dan Sankalp Parihar ini memiliki tujuh mangga miyazaki dari dua pohon di kebunnya.

Keduanya mengungkapkan, penjagaan ketat terhadap mangga miyazaki sengaja dilakukan untuk mencegah pencuri menyelinap ke kebun mereka. Pasalnya, mangga miyazaki mereka pernah dicuri pada dua tahun lalu.

Bukan hanya karena keindahan visual mangga, buah langka berwarna ungu ini juga kerap menjadi daya tarik karena harganya yang mahal. Tahun lalu, satu kilogram mangga miyazaki di India dijual seharga 2,7 lakh rupee atau setara dengan Rp 51 juta.

Awalnya petani ini tidak mengira bahwa mangga yang dia tanam adalah mangga Miyazaki, mangga termahal di dunia. Mereka mendapatkan  bibit mangga itu beberapa tahun lalu bukan karena pergi ke Jepang, namun saat itu mereka secara tak sengaja bertemu seorang pria di kereta. Pria tersebut menawarkan beberapa bibit mangga miyazaki dan meminta Sankalp untuk merawat tanaman tersebut layaknya bayi.

Advertisement

Sankalp kemudian menanam bibit mangga dan menamai tanaman tersebut dengan nama ‘Damini’, sama dengan nama ibunya. Seiring berjalannya waktu, Sankalp menemukan informasi seputar varietas mangga langka ini dan mengetahui bahwa mangga tersebut langka dan mahal.

Bibit mangga Miyazaki hanya bisa tumbuh di beberapa negara, karena membutuhkan cuaca hangat dan sinar matahari berjam-jam. Mangga ini bisa hidup di antaranya di Jepang, Bangladesh, Filipina dan Indonesia.

Di Jepang sendiri, varietas mangga termahal di dunia ini juga dikenal sebagai Taiyo-no-Tamago. Warnanya yang tak seperti mangga pada umumnya membuat Miyazaki dijuluki “Telur Matahari”.

Mangga Miyazaki rata-rata berbobot sekitar 350 gram, dan memiliki kandungan gula hampir 15% lebih banyak daripada varietas mangga lainnya.

Bobot terberatnya bisa mencapai 900 gram. Kandungan gizi mangga Miyazaki antara lain kaya akan antioksidan, beta-karoten, asam folat dan membantu meningkatkan penglihatan.

Advertisement

Di Jepang pertumbuhan mangga Miyazaki sangat diatur di setiap tahapnya. Seperti dilansir Miyazaki Local Products and Trade Promotion Center, setiap buah harus memiliki berat minimal 350 gram, dan mengandung kadar gula minimal 15% agar dapat sampai ke tangan konsumen.

Tidak seperti kebanyakan buah-buahan, mangga jenis ini dipanen hanya ketika mereka benar-benar matang. Panennya menggunakan metode “pemanenan bersih” yang memungkinkan buah jatuh secara alami dari pohon pada puncak kematangannya.

Oleh petani Jepang, buah ini tidak dibiarkan jatuh begitu saja ke tanah. Buah yang matang akan ditangkap dengan lembut oleh selubung jaringnya.

Sebelum diekspor ke negara-negara di seluruh dunia, mangga Miyazaki menjalani penilaian kualitas, dan hanya beberapa yang terpilih diberi merek “Telur Matahari” untuk menunjukkan kualitas tertinggi.

Budidaya varietas mangga ini juga membutuhkan banyak hujan, dan pertama kali dibudidayakan di sekitar kota Miyazaki, Jepang, pada 1984.

Advertisement

Cuaca yang hangat, sinar matahari yang lama, dan curah hujan tinggi menjadikan wilayah itu ideal untuk membudidayakan mangga termahal di dunia ini. Mangga Miyazaki dibudidayakan sekitar April hingga Agustus, dan dijual antara Mei dan Juni.***

 

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca