Connect with us

Internasional

Presiden Jokowi ke Hiroshima, Hadiri KTT G7

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Jokowi dan Iriana saat berangkat ke Hiroshima. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Presiden Jokowi dan Iriana beserta rombongan pada Jumat (19/5/2023) pagi bertolak ke Hiroshima untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang akan berlangsung selama tiga hari pada 19-21 Mei.

Presiden betolak ke Jepang melalui Bandara Halim Perdanakusuma dan dijadwalkan akan berada di sana selama tiga hari. Pada 21 Mei Presiden akan kembali ke Tanah Air.

Indonesia bukan anggota dari G7 namun mendapat undangan istimewa dari Perdana Menteri Kishida Fumio, termasuk Korea Selatan, Australia, Brasil, Komoro, Kepulauan Cook, India, dan Vietnam.

Dua perwakilan dari Uni Eropa juga bergabung pada acara yang akan berlangsung di Hiroshima, kota tempat terjadinya serangan atom pertama di dunia pada akhir Perang Dunia II tersebut.

Kelompok G7adalah kelompok informal dari negara-negara indutri terkemuka. Anggotanya terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Advertisement

Menurut Presiden pertemuan G7 tersebut merupakan pertemuan kepala negara anggota G7 dengan mitra-mitranya.

Dalam pertemuan tersebut akan membahas antara lain perubahan iklim, pangan, energi dan hal lain. Untuk itu Presiden Jokowi menekankan Indonesia akan konsisten membawa suara kepentingan Global South (negara-negara berkembang).

Selain itu juga pentingnya kolaborasi serta kemitraan yang secara konsisten. “Sudah saatnya suara dan kepentingan negara-negara berkembang benar-benar didengarkan oleh dunia,” kata Jokowi menegaskan.

Selain menghadiri pertemuan G 7 Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara yaitu Jepang, Korea Selatan, Inggris, Prancis, Australia dan lainnya. Presiden juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dengan format bisnis forum.

Jokowi mengatakan Jepang adalah mitra ekonomi penting bagi Indonesia, mitra dagang terbesar kedua dan juga investor asing terbesar keempat di dunia.***

Advertisement

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement