Connect with us

Hukum

Suharso Manoarfa Benarkan Gugat Cerai Istri, Selebihnya Diam

Avatar

Diterbitkan

pada

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Bappenas)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa berterus terang bahwa dia menggugat cerai istrinya, Nurhayati.

Namun hanya sebatas itu. Suharso tidak bersedia lebih jauh menerangkan prahara rumah tangga yang dihadapinya.

Dirinya sengaja memilih diam karena persoalan yang ia hadapi merupakan urusan ‘domestik’. Sikap diamnya terhadap isu tersebut sesuai tuntunan Islam yang tertuang di dalam sebuah hadis dan Alquran.

“Sebagai seorang ketua umum dari partai Islam, saya menjalankan sesuatu sesuai tuntunan agama, di mana dalam sebuah hadis disampaikan, bahwa sebagai muslim yang baik, tidak boleh kita membicarakan hal terkait dengan pasangan. Saya kira begitu, ya,” katanya dalam keterangan tertulisnya Sabtu (26/3/2022).

Suharso mengatakan, selain hadis tersebut, ia juga mengutip Surat Al-Baqarah ayat 187. Isinya, “Mereka (istri-istrimu) adalah pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.”

Advertisement

“Jadi, kita (suami-istri) mesti saling merawat dengan baik. Bilamana ‘pakaian’ itu tidak kita gunakan bukan berarti kita mengoyak dan mencampakkannya begitu saja. Maka, karena saya memulai (pernikahan) dengan baik-baik, berakhirpun harus dengan baik-baik pula, tidak saling merugikan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Suharso mengaku baru angkat bicara saat ini karena ingin meluruskan isu rumah tangganya yang sedang menjadi sorotan agar tidak simpang-siur. Apalagi, posisinya sebagai pejabat publik.

“Karena saya pejabat publik, maka publik perlu memperoleh informasi yang lurus, bukan yang dibengkokkan,” ucapnya.

Dari sisi sang istri, pun membenarkan gugatan cerai itu.

“Benar,” ujar Nurhayati, saat ditanya soal kabar gugatan perceraian itu, Kamis (24/3/2022) seperti dikutip dari detikcom.

Advertisement

Nurhayati tak mengungkap soal penyebab gugatan cerai tersebut. Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PPP ini hanya mengatakan banyak isu tak benar yang beredar seputar perceraiannya.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement