Connect with us

Hiburan

Yuk! Rasakan Pengalaman Berbeda di Pameran Future-X

Avatar

Diterbitkan

pada

Pameran Future X di BSD City. (Dok. Faktualid)

FAKTUAL-INDONESIA : Kamu masih bingung mau menghabiskan liburan sekolah di mana? Datang saja ke Pameran Future-X di BSD City. Karena di sini, kamu akan melihat perkembangan teknologi yang menakjubkan.

Selain itu, kamu bisa selfie sama robot yang ada di sini. Plus selfie di area pameran yang Instagramable tentunya.

Sinar Mas Land melalui Digital Hub bekerjasama dengan Imajin dan Prime Skills menyelenggarakan Pameran Future-X berupa kegiatan yang memberikan pengalaman di dunia virtual khususnya metaverse dan Virtual Reality (VR).

Kegiatan digelar di The Breeze BSD City mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2022. Pameran dibuka setiap hari mulai pukul 11:00 WIB dan terbuka untuk umum. Siapa saja boleh datang ke pameran ini untuk mengetahui perkembangan teknologi di Tanah Air.

Beberapa partner yang turut serta dalam acara tersebut di antaranya 3D Zaiku, Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI), PT Teknologi Aryaguna Indonesia, IMA 3D, Makeblock Education, Ticky Techies Online Coding School, dan PT. Laboe Game Indonesia.

Advertisement

Future-X menghadirkan beragam produk teknologi yang dapat disaksikan dan dicoba langsung dalam pemeran ini. Bagi pengunjung dapat melihat kecanggihan robot penerima tamu dan robot yang bisa berdansa pada partner AiCI.

Selain itu, terdapat mesin cetak 3D Printer Technology yang bisa menghasilkan bentuk tiga dimensi hingga Virtual Reality (VR) yang membuat pengunjung dapat berinteraksi dalam satu lingkungan yang disimulasikan dari berbagai macam konten maya maupun nyata.

Saat tiba di area pameran, pengunjung akan disambut oleh seorang robot yang bisa menari dan mengajak kamu bersama-sama berjoget.  Pengunjung akan dibuat gembira oleh si robot mungil tersebut.

Sejumlah atraksi robotik dan aplikasi 3D juga dipamerkan di sini, di antaranya, pengunjung bisa melihat bagaimana robot bekerja mengangkat dan memindahkan barang. Pengunjung bisa melihat kecanggihan teknologi 3D untuk alat kedokteran, seperti dalam membaca hasil MRI dan sebagainya.

Sejumlah sekolah robotik juga turut serta hadir di pameran. Mereka memperkenalkan program-program robotik yang diajarkan untuk anak-anak, mulai dari TK hingga SMA.

Advertisement

Di ajang pameran metaverse, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman bermain di sejumlah game, dan merasakan dunia virtual untuk berbagai bidang. Setelah selesai melihat pameran, pengunjung bisa mencoba foto selfie menggunakan semacam big kamera yang hasilnya akan langsung dikirim email. Selain itu ada juga undian berhadiah bagi pengunjung yang datang.

Menurut Leo, wakil dari Imajin, bahwa apa yang dipelajari anak-anak tersebut, akan terimplementasi dan terintegrasi di dunia industri, ketika mereka nanti bekerja di bidang serupa.

Leo menjelaskan, kehadiran mereka di ajang pameran tersebut adalah karena adanya kesamaan visi dan misi untuk mengembangkan teknologi di Tanah Air.

“Karena kadang keinginan tahu orang tentang teknologi masih kurang. Dengan hadirnya pameran ini,  kita bisa lebih memperkenalkan teknologi secara luas kepada masyarakat umum,” kata dia.

Sementara itu, dalam keterangan persnya, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan bahwa pameran tersebut adalah bentuk komitmen mereka dalam kemajuan teknologi di Indonesia dengan menghadirkan kegiatan yang memberikan pengalaman di dunia metaverse dan Virtual reality.

Advertisement

Dijelaskan, pelaku teknologi digital di dunia masih terus menggali potensi bidang Metaverse dan Virtual Reality. Kemajuan teknologi ini juga dijajaki oleh beberapa local champion yang dibawa ke sini.

“Kami menghadirkannya di pameran Future-X agar warga dan pengunjung BSD City bisa menjadi yang pertama dalam menikmati teknologi terkini. Keberadaan BSD City sebagai test-bed juga membuktikan kesiapan kota mandiri ini akan teknologi masa depan dengan didukung oleh infrastruktur, fasilitas, dan sistem pengaturan tata kota yang mumpuni,” kata dia.***

Lanjutkan Membaca