Connect with us

Nasional

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Akan Digelar di 9 Titik, Aparat Keamanan Siap Siaga!

Avatar

Diterbitkan

pada

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Akan Digelar di 9 Titik, Aparat Lapis Baja Siaga (F0t0: CNN Indonesia)

FAKTUAL-INDONESIA: Aksi menolak kenaikan harga BBM bakal dilakukan sejumlah elemen masyarakat. Pada hari ini, Senin (5/9/2022). Aksi memprotes kenaikan BBM akan digelar di 9 tiitk di wilayah Jakarta Pusat.

“Ada 9 titik konsentrasi massa dari 19 elemen,” ujar Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta saat dikonfirmasi, Senin (5/9/2022).

Purwanta tidak merinci di mana saja sembilan lokasi yang menjadi titik aksi demonstrasi tersebut. Namun, ia tak memungkiri bahwa dua lokasi demonstrasi di antaranya adalah kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya dan depan Gedung DPR/MPR RI.

Dia menambahkan, dalam pengamanan demo hari ini pun pihaknya akan melakukan pendekatan lebih humanis dan simpatik.

Baca juga: Demo Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM oleh Pemerintah, dari Bakar Ban hingga Teriakan Kotor ke Jokowi

“Tentatif aja, soalnya kan belum tentu nanti ke mana mengarahnya. Kalau saya bilang penutupan ke arah kanan atau kiri takutnya nggak di situ. Pokoknya lihat situasi di lapangan aja ya. Intinya tentatif dan pengendalian lebih soft aja,” tutur Purwanta.

Advertisement

Purwanta belum memerinci total keseluruhan dari estimasi massa yang akan demo hari ini. Dia menyebut dalam pemberitahuan satu elemen massa terdiri dari 100 orang peserta aksi.

“Belum ada kepastian. Ada yang 100, terus nanti ada yang 60, kita belum tahu,” katanya.

Salah satunya aksi demo akan digelar oleh Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) di Istana Negara. Ketum PMII Abdullah Syukri menyatakan akan ada sekitar 2.000 kader yang turun aksi.

Tak hanya itu, HMI MPO se-Jakarta juga dijadwalkan akan menggelar demo di kawasan Patung Kuda Arjunawiwaha, Jakarta Pusat.

Baca juga: Besok, Ribuan Buruh akan Demo Tolak Kenaikan BBM

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Aparat lapis baja sudah bersiagadi depan Istana Negara dan area wilayah Patung Kuda, Monas (Foto: Gatra)

Sementara itu, sejak pagi sudah bersiap barisan aparat keamanan dari Polisi berjaga di depan Istana Negara dan areal wilayah Patung Kuda, Monas.

Aparat berseragam telah mempersiapkan jaring duri pengaman serta beberapa kendaraan taktis seperti watercanon dan mobil barakuda. Sejumlah wartawan dari berbagai media masa telah menunggu di sekitar titik aksi yang direncanakan.

Advertisement

Namun pantauan di lokasi pada Senin (5/9/2022) pukul 13.00, para demonstran sudah memadati Patung Kuda. Massa demo membawa atribut bendera organisasi hingga spanduk tuntutan.

Sementara itu, lalu lintas menuju Istana Presiden ditutup. Kawat berduri di pasang di Jalan Merdeka Barat, tepatnya di depan Gedung Sapta Pesona.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement