Connect with us

Teknologi

WhatsApp, Instagram, TikTok, hingga Spotify Sudah Terdaftar di PSE Kominfo, Google dan Twitter?

Avatar

Diterbitkan

pada

PSE Kominfo

Ilustrasi media sosial (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sejumlah platform dari Meta, yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp diketahui sudah melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sejumlah platform seperti Telegram, TikTok, Netflix, Spotify, dan lainnya diketahui juga telah melakukan pendaftaran di halaman PSE Kominfo Lingkup Privat.

Hal ini menyusul diberlakukannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang PSE Lingkup Privat di Indonesia.

Untuk Instagram, Facebook, dan WhatsApp, ketiganya didaftarkan dengan nama perusahaan yang sama, yakni Facebook Singapore Pte. Ltd. Mengutip halaman Bloomberg, sesuai dengan namanya, perusahaan ini merupakan penyelenggara sistem elektronik yang berbasis di Singapura.

Baca juga: Google, Facebook, dan Twitter Terancam Diblokir Pemerintah

Facebook dan Instagram sudah melakukan mendaftarkan PSE sejak Selasa malam (19/7/2022). Sedangkan WhatsApp juga sudah terdaftar sebagai platform di Sektor Teknologi dan Komunikasi pada Rabu (20/7/2022).

Advertisement

Maka dari itu, keempat platform tersebut akan terhindar dari kemungkinan pemblokiran di Indonesia yang akan dilakukan pada 21 Juli mendatang.

Kendati demikian, platform popluer yang umum digunakan seperti Google, YouTube, Twitter, serta Zoom terlihat masih belum mendaftarkan diri.

Bila hingga pukul 23.59 malam nanti platform tersebut tidak melakuakn pendaftaran, maka keempatnya dianggap sebagai platform ilegal di Indonesia.

Kominfo juga akan memberikan sanksi pada PSE yang belum mendaftar. Pada tahap pertama sanksi yang diberikan adalah teguran tertulis. Jika sampai tenggat waktu PSE masih terkendala mendaftar, Kominfo membuka kesempatan untuk mengirimkan pendaftaran secara manual.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca