Home Politik Peringkatan HUT Ke-76 RI Digelar dengan Platform Digital

Peringkatan HUT Ke-76 RI Digelar dengan Platform Digital

oleh Marpi
Upacara HUT RI. (Ist)

Upacara HUT RI. (Ist)

FAKTUALid – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang selama ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan oleh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air, kali ini akan berbeda. Pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 digelar lewat platform digital.

Hal ini ditegaskan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

“Pada tahun 2021 ini, ekspresi perayaan kemerdekaan akan berpindah ke platform-platform digital. Berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru,” katanya.

Menurut Pratikno, kegiatan dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 mengangkat tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Peringatan kemerdekaan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera masih akan digelar secara sangat minimalis dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan petugas upacara dan tamu undangan yang sangat terbatas.

Masyarakat tetap dapat mengikuti Upacara Peringatan Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera pada tahun 2021 kali ini secara daring.

Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sejak seleksi di daerah, karantina dan pelatihan hingga bertugas di Istana Merdeka.

Jarak antar-pasukan dalam barisan juga akan diperlebar dan terdapat sejumlah penyesuaian teknis lainnya.

Masih ada juga beragam perlombaan, panggung hiburan, pertunjukan kesenian dan kegiatan lainnya tidak hanya digelar pada 17 Agustus saja tetapi selama bulan Agustus atau Bulan Kemerdekaan.
Sejak diinisiasi pada tahun 2017, Bulan Kemerdekaan meliputi acara pokok kenegaraan seperti Pidato Kenegaraan, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih juga diisi dengan berbagai acara festival dan kegiatan bernuansa khidmat seperti zikir dan doa kebangsaan yang merupakan tradisi pembuka Bulan Kemerdekaan.

“Rumah Digital Indonesia (RDI) hadir sebagai ruang bertemunya kemajuan teknologi digital dengan semangat nasionalisme kita sebagai bangsa yang tangguh dan terus bertumbuh, untuk melampaui batas-batas fisik yang ada,” ungkap Pratikno sebagaimana dilansir antaranews.com.

RDI akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang kesemuanya dikemas secara digital.

Pedoman penyelenggaraan peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2021 termasuk logo dan tema HUT RI beserta panduan visual bagi setiap kantor di instansi pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri dan masyarakat luas, dapat diunduh di website www.setneg.go.id.

Namun dalam penyelengaraannya dapat disesuaikan dengan kondisi pandemi di tiap daerah dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi aktif dengan memasang logo dan tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI serta turunannya di tempat-tempat umum, sarana prasarana transportasi, dan berbagai saluran media. ***

 

Tinggalkan Komentar