Connect with us

Politik

Hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Jokowi Beri Pujian

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Muhammadiyah di Solo. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Presiden Joko Widodo menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo yang digelar di Stadion Manahan, Sabtu (19/11) pagi. Dalam kesempatan itu, ia memberikan banyak pujian pada Muhammadiyah.

Terutama sekali, memuji Muhammadiyah dalam membantu penanganan Covid-19 dan perannya dalam pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, Muhammadiyah banyak berperan dalam penanganan Covid-19 tiga tahun terakhir dengan menggerakkan ratusan rumah sakit dan klinik yang dimiliki.

“Terima kasih karena menggerakkan lebih dari 120 rumah sakit Muhammadiyah dan 235 klinik kesehatan milik Muhammadiyah yang aktif dalam mengedukasi masyarakat serta dalam pengobatan dan vaksinasi selama pandemi,” kata Jokowi saat membuka Muktamar Muhammadiyah.

Ia menilai berkat peran Muhammadiyah, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan Covid-19. Saat ini, ia mengakui Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 440 juta dosis vaksin kepada masyarakat.

Advertisement

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi ini menjadi pondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional kita,” tuturnya.

Selain penanganan Covid, Jokowi juga memuji peran Muhammadiyah dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia menghadapi kompetisi global lewat pendidikan. Kontribusi besar itu kata Jokowi diberikan Muhammadiyah melalui 170 perguruan tinggi, 1.364 sekolah setingkat SMA, 1.826 sekolah tingkat SMP, 2.817 sekolah tingkat SD dan 20.203 sekolah tingkat PAUD yang dimiliki Muhammadiyah.

“Terima kasih Muhammadiyah melalui lembaga pendidikan ini saya mengharapkan peran sentral bapak ibu sekalian untuk terus menyebarkan Islam yang berkemajuan, Islam yang penuh dengan nilai-nilai toleransi, Islam yang menjaga persatuan, Islam yang menjaga persaudaraan dan perdamaian, sesuai dengan ajaran islam, rahmat bagi seluruh alam,” tegasnya,

Sejumlah tokoh ikut hadir dalam pembukaan Muktamar Muhammadiyah seperti Ketua DPR Puan Maharani, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri.

Jokowi datang ke lokasi Muktamar dengan mengendarai mobil listrik.***

Advertisement

 

 

 

 

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca