Connect with us

Olahraga

Individual Standard Chess Masuki Babak Akhir, Indonesia Berpotensi Amankan 4 Emas

Avatar

Diterbitkan

pada

Pecatur Indonesia Aisah Wijayanti Putri Brahmana (kiri) berhasil mengalahkan rekan senegaranya Khairunnisa di babak ke 4 Women’s Individual Standart Chess kategori B2/3 11th ASEAN Para Games Solo 2022 cabang Para Chess di Hotel Lorin Solo, Senin 1 Agustus 2022. (INASPOC / Sofyan Adi.)

FAKTUAL-INDONESIA: Indonesia punya peluang besar mengamankan empat emas pada kelas individual standard chess paracatur ASEAN Para Games 2022. Dua babak akhir yang berlangsung di Lorin Hotel, Selasa (2/7/22), akan jadi penentunya.

Kelas standard chess atau catur klasik dimainkan dalam enam babak. Setiap atlet dalam satu kelas yang sama saling bertemu berdasarkan hasil yang diraih.

Indonesia yang menurunkan sembilan atlet putra dan sembilan atlet putri punya target jadi juara umum cabor catur. Sejauh ini, target Indonesia masih dalam jalur yang benar.

Aisah Wijayanti Putri Brahmana tak terbendung dalam empat babak kelas B2/3 standard chess putri. Mengawali dengan tiga kemenangan, poin Putri bertambah lagi setelah menumbangkan rekan senegaranya, Khairunnisa.

Putri kini memimpin klasemen B2/3 standard chess putri dengan empat poin. Wakil Vietnam, Nguyen Thi Hong membuntuti dengan 3,5 poin setelah mengalahkan rekan senegaranya, Nguyen Thi My Linh.

Advertisement

Hasil sempurna dalam empat babak turut dicatatkan Tita Puspita yang turun pada kelas B1 standard chess putri. Koleksi poinnya menjadi empat setelah Tita bisa mengalahkan rekan senegaranya, Wilma Margaretha Sinaga.

Putri memimpin dengan empat poin, diikuti rekan senegaranya Yustina Halawa dengan tiga poin dan Pham Thi Huong dari Vietnam dengan tiga poin.

Ketangguhan Indonesia tak hanya terlihat di sektor putri. Dari sektor putra, Indra Yoga memimpin klasemen kelas B1 standard chess putra berkat kemenangan atas wakil Vietnam, Le Van Viet. Kemenangan itu membuat Indra Yoga mengoleksi 3,5 poin.

Indra Yoga dibuntuti rekan senegaranya, Prasetio Fitrianto dengan 3 poin, setelah menumbangkan wakil Vietnam, Dinh Tuan Son. Koleksi sama dimiliki wakil Filipina, Francis Ching.

Sementara itu, Firdaus Maksum di kelas PI standard chess putra juga sukses mengamankan 3,5 poin. Namun, koleksi ini disamai wakil Filipina, Saverino Sander, setelah menumbangkan wakil Indonesia, Alfrets Dien.

Advertisement

Pelatih timnas paracatur Indonesia, Tedy Wiharto, menyebut secara keseluruhan anak asuhnya bisa membuat kerja bagus, meski Vietnam dan Filipina berupaya mengganggu.

“Dua babak akhir ini jadi penentunya. Mudah-mudahan di kelas individual standard ini kita bisa dapat emas,” kata Tedy Wiharto, Senin (1/8/22).

Tedy tak memungkiri dengan jadwal yang padat akan berpengaruh pada psikologis para atlet. Makanya, tim pelatih punya kiat-kiat khusus agar Aisah Putri dkk. tetap tenang pada dua babak penentuan.

“Yang penting dengan jadwal padat ini atlet dibikin senyaman mungkin,” kata Tedy.

Pada babak kelima, Aisah Putri akan menantang Nguyen Thi Hong. Jika memenangkan laga ini, Aisah Putri berpotensi mengunci emas kelas individual B2/3 chess standard putri. Sementara tiga kelas lain harus menunggu sampai enam babak. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement