Connect with us

Olahraga

Menpora Dito Bangga Khansa Syahlaa yang Berusia 17 Tahun, Bertekad Taklukan Gunung Aconcagua di Argentina

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyerahkan Merah Putih kepada Khansa Syahlaa yang akan mendaki Gunung Aconcagua di Argentina, 20 Januari - 13 Februari 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyerahkan Merah Putih kepada Khansa Syahlaa yang akan mendaki Gunung Aconcagua di Argentina, 20 Januari – 13 Februari 2024

FAKTUAL INDONESIA: Tekad Khansa Syahlaa, yang baru berusia 17 tahun, untuk menaklukan Gunung Aconcagua di Argentina turut membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo merasa bangga.

Menurut Menpora RI Dito Ariotedjo, tekad Khansa diharapkan bisa menginspirasi remaja di Tanah Air untuk berlomba-lomba mengukir prestasi. Apalagi bisa mengharumkan bangsa dan negara.

“Pemerintah sangat mengapresiasi ambassador-ambassador muda yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” ujar Menpora RI Dito Ariotedjo di Media Center Kemenpora, Jakarta, Kamis (18/1/2024) malam.

Khansa Syahlla akan mendaki gunung tertinggi di benua Amerika, pada 20 Januari – 13 Februari 2024.

Sebagai bentuk dukungan terhadap siswi kelas XII SMA Labschool Jakarta tersebut, Menpora Dito memberikan bendera merah putih kepada Khansa Syahlaa untuk dikibarkan di puncak Gunung Aconcagua di Provinsi Mendoza, Argentina, dengan ketinggian 6.962 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Advertisement

Penyerahan bendera merah putih sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada Khansa Syahlaa yang memiliki semangat membawa merah putih mendunia di salah satu Seven Summits of the World (7 gunung
tertinggi dunia).

“Kemenpora mengucapkan selamat berjuang kepada Khansa Syahlaa, untuk misi pendakian Gunung Aconcagua, Argentina. Pendakian ini memiliki misi untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Aconcagua. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke-4 dunia,” ucap Menpora Dito.

Bila Gunung Aconcagua di Argentina berhasil ditaklukan, diharapkan Khansa bisa menjejakan kaki di puncak tertinggi di dunia.

“Aconcagua adalah gunung ke-4 dari Seven Summits of the World yang akan ditaklukkan. Dan setelah ini Gunung Everest,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpora Dito mengapresiasi Aulia Ibnu, orangtua Khansa Syahlaa, dan Kepala Sekolah Labschool Jakarta Suparno.

Advertisement

“Saya tentu juga mengapresiasi Pak Aulia sebagai ayahnya Khansa. Di usia 5 tahun, Khansa sudah dibiasakan naik gunung. Dan ini menjadi bukti bahwa yang namanya pembinaan olahraga sejak dini akan bisa menembus tingkat dunia,” ucapnya.

Menpora Dito pun mengapresiasi Kepala Sekolah Labschool Jakarta Suparno yang mendukung siswa-siswi yang memiliki multi potensi di bidang olahraga yang ditekuninya. Pihak sekolah memberikan fleksibilitas kepada Khansa demi menaklukkan Seven Summit. “Dan inilah kurikulum yang harus kita dorong agar potensi-potensi siswa-siswi yang memiliki kemampuan di olahraga bisa maksimal,” tuturnya.

Kemenpora, papar Menpora Dito, telah memberangkatkan dua pendaki gunung yaitu Khansa Syahlaa dan beberapa waktu lalu, salah satu pendaki Indonesia, Putri Handayani juga berhasil mengibarkan bendera merah putih di Antartika, Kutub Selatan.

Sementara itu, Khansa mengaku sudah mempersiapkan diri secara fisik maupun mental untuk menjalankan ekspedisi ini.

“Gunung ini masuk level yang sulit karena ketinggiannya 6.962 mdpl jadi pastinya saya mempersiapkan latihan fisik, mental, dan juga perlengkapan. Dan keberangkatan kita mulai dari tanggal 20 Januari 2024. Dan ini akan menjadi pendakian gunung ke 4 dari Seven Summits of the World,” katanya.

Advertisement

Sebelumnya Khansa telah menaklukan 3 gunung tertinggi dunia lainnya, yaitu pada tahun 2017 telah berhasil mencapai puncak tertinggi di Indonesia yaitu Cartenz Pyramide (4.884 mdpl), Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl) pada tahun. 2019, dan Gunung Elbrus diRusia (5.642 mdpl) pada 2022 lalu.***

Lanjutkan Membaca