Home News Spanyol vs Swedia: Akan Tampil Percaya Diri

Spanyol vs Swedia: Akan Tampil Percaya Diri

oleh Joko Ham
Spanyol vs Swedia. (Ist)

Spanyol vs Swedia. (Ist)

FAKTUALid – Laga seru akan tersaji di La Cartuja, Seville, Spanyol di pertandingan pertama Grup E Piala Eropa 2020 dengan mempertemukan Timnas Spanyol dan Timnas Swedia.

Laga akan dihelat pada Selasa (15/6/2021) dini hari waktu Indonesia. Timnas Spanyol sempat timnya diterpa badai Covid19, Tim Matador ini  akhirnya dipastikan akan tetap berhadapan dengan Timnas Swedia.

Persiapan Spanyol untuk Piala Eropa ini jauh dari kata ideal. Setelah bermain imbang 0-0 dalam uji coba dengan Portugal, tim besutan Luis Enrique itu tak bisa main di uji coba berikutnya kontra Lithuania. Sebabnya adalah gelandang Sergio Busquets positif COVID-19, dan skuad La Furia Roja harus menjalani karantina.

Bertanging di Estadio La Cartuja, kota Sevilla, juara tiga kali Piala Eropa Timnas Spanyol akan memulai upaya mereka merebut kembali kejayaan di Eropa dengan menghadapi Swedia.

Spanyol sendiri sudah mengalami beberapa tahun kompetisi yang amat sulit di level internasional. Mereka tersingkir dari Piala Dunia 2014 di babak penyisihan grup, sebelum hanya mencapai babak 16 besar di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Spanyol merupakan tim yang sangat difavoritkan untuk menang usai mengantongi tiga trofi serupa pada tahun 1964, 2008, dan 2012. Jika berhasil, tim besutan Luis Enrique ini akan menyamai rekor Jerman yang meraih empat gelar.

Di sisi lain, Swedia akan mencari awal yang indah demi bisa keluar dari babak penyisihan grup untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa 2004 ketika mereka lolos ke perempat final, dan ketika mencapai semifinal pada 1992.

Swedia menjalani persiapan mereka menjelang Piala Eropa 2020,   sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Spanyol.  Pada laga uji coba terakhirnya, Swedia mengalahkan Armenia 3-1. Swedia menang lewat gol-gol Emil Forsberg, Marcus Danielson, dan Marcus Berg.

Spanyol dan Swedia sebelumnya berada satu grup di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Spanyol finis sebagai juara grup, sedangkan Swedia jadi runner-up.

Di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Spanyol mengalahkan Swedia 3-0 di kota Madrid. Spanyol menang lewat gol-gol Sergio Ramos (penalti), Alvaro Morata (penalti), dan Mikel Oyarzabal. Di Solna, mereka bermain imbang 1-1, di mana gol Marcus Berg untuk Swedia disamakan oleh Rodrigo Moreno.

Kali ini, dengan skuad yang terbilang mengejutkan karena Enrique tak memanggil satu pun pemain dari Real Madrid, Spanyol bakal kembali mencoba untuk meraih kemenangan atas Swedia. Itu merupakan modal awal yang bagus untuk bersaing dengan Polandia maupun Slovakia.

Namun, melihat persiapan mereka yang kurang optimal, sepertinya itu tidak bakal mudah bagi La Furia Roja.

Meski demikian, pengalaman Spanyol di turnamen besar sangatlah matang. Spanyol adalah juara Piala Eropa 1964, 2008, dan 2012. Sementara itu, Swedia berpartisipasi di Piala Eropa mereka yang ke-7 setelah edisi 1992, 2000, 2004, 2008, 2012, dan 2016.

Untuk rekor pertemuan kedua tim secara keseluruhan, Spanyol dan Swedia sudah bertemu 15 kali. Spanyol mencatatkan 7 kemenangan, Swedia meraih 3 kemenangan, dan 5 laga lainnya berkesudahan imbang.

Meski demikian, mengawali Piala Eropa 2020, Swedia tentunya akan mencoba tampil percaya diri mengingat lawan mereka adalah Spanyol yang dianggap sebagai tantangan terberat di semua kompetisi internasional.

Tim besutan Janne Andersson semakin percaya diri untuk menang usai memenangkan lima pertandingan terakhir mereka, termasuk kemenangan di dua laga uji coba berturut-turut atas Finlandia dan Armenia.

Swedia sendiri dipastikan tak diperkuat striker veteran Zlatan Ibrahimovic yang harus absen karena mengalami cedera. Namun, hal ini tak menjadi masalah karena Spanyol sendiri juga tidak diperkuat sang kapten Sergio Busquets akibat positif COVID-19. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar