Home News 8 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Wajib Anda Bawa Pulang

8 Oleh-oleh Khas Bekasi Yang Wajib Anda Bawa Pulang

oleh Hana Chaniago
oleh-oleh khas bekasi

foto ilustrasi- istimewa

FAKTUALid – Bekasi merupakan salah satu kota yang termasuk dalam kategori urban. Terletak di pinggir ibu kota, Bekasi ramai menjadi tujuan kunjungan pengunjung dari luar kota. Meskipun tidak setenar Jakarta, Bekasi juga mempunyai beragam oleh-oleh yang bisa dibeli oleh wisatawan yang  berkunjung ke Bekasi.

Jadi, jika anda yang sedang ada di Bekasi dan ingin membeli oleh-oleh khas Bekasi, tidak usah bingung karena banyak pilihan oleh-oleh yang bisa anda beli.

Berikut beberapa oleh oleh Bekasi yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kue Kembang Goyang

Oleh-oleh khas Bekasi yang pertama adalah Kue Kembang Goyang. Mungkin kamu sudah sering mendengan nama kue ini. Kue ini memiliki dua pilihan rasa yaitu manis dan gurih membuat olahan yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang paling sering diburu.

Selain itu bentunya juga unik menyerupai kembang, bintang, kotak dan masih banyak lagi varian lain yang membuatnya terlihat unik. Selain itu kue kembang goyang ini juga dibuat dengan warna yang menarik.

Kue ini memiliki tekstur yang renyah menyerupai kerupuk dan tentunya sangat cocok disantap bersama keluarga. Konon katanya, kue kembang goyang ini berasal dari bentuknya yang unik menyerupai kembang pada saat proses penggorengan harus digoyang-goyang agar lepas dari cetakan.

2. Bir Pletok

Oleh-oleh khas Bekasi yang kedua adalah bir pletok. bagi kamu yang orang bekasi, tentunya sudah tidak asing dengan bir pletok. Ramuan yang satu ini merupakan produk buatan asli warga Bekasi.

Namun anda jangan salah dengar, meskipun namanya bir pletok tapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Siapa sangka bir yang dianggap bisa merusak tubuh ini justru sebaliknya yaitu mampu menyehatkan tubuh karena terbuat dari berbagai macam pilihan rempah.

Karena terbuat dari berbagai macam pilihan rempah, bir pletok ini mempunyai khasiat yang cukup ampuh diantaranya bisa menghilangkan masuk angin, gejala pusing, flu, batuk serta mampu menghangatkan tubuh.

3. Bandeng Rorod

Oleh-oleh Bekasi yang ketiga adalah Bandeng Rorod. Dari jejeran makanan yang murah dan enak yang terdapat di kota Bekasi, salah satunya ada Bandeng Rorod. Selain enak disantap langsung, Bandeng Rorod ini juga cocon untuk anda jadikan oleh-oleh.

Bagi penggemar ikan bandeng, belum lengkap rasanya jika belum mencoba bandeng rorod ini. Bandeng rorod adalah varian baru dari makanan yang berbahan baku ikan bandeng yang sudah digemari banyak orang.

Bumbu yang dibuat khusus memberi rasa nikmat yang sulit dilupakan selain itu bandeng rorod juga diolah dengan melakukan proses penghilangan duri terlebih dulu sehingga membuatnya cukup istimewa.

4. Kue Biji Ketapang

Oleh-oleh khas Bekasi yang keempat adalah Kue Biji Ketapang. Kue ini termasuk kedalam jajaran kue legendaris namun penggemar kue ini masih tetap setia hingga
saat ini. Kue yang berasal dari Cikarang ini, terbuat memiliki bentuk yang kecil menyerupai biji buah ketapang.

Beberapa bahan pembuat kue ini seperti tepung beras, gula, mentega dan telur. Di beberapa wilayah sekitar Bekasi, masih mudah untuk menemukan penjual yang menjual kue seenak ini.

Baca juga: 9 Wisata Kuliner di Jakarta Yang Wajib Anda Coba

5. Bolu Gulung Batik

Oleh-oleh khas Bekasi yang kelima adalah Bolu Gulung Batik. Sesuai dengan namanya, penampilan bolu ini sangat cantik dengan motif batik yang indah dan sama persis dengan batik yang ada di kain

Ada banyak varian rasa dan motif dari bolu gulung batik ini. Jika anda penasaran, anda bisa langsung datang ke Bolubatik Retno Dyah yang berada di Jalan Dirgantara Raya Blok A2 nomor 2, Jatiasih.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Solo Menyasar Pelaku Usaha Kuliner

6. Kue Akar Kelapa

Oleh-oleh khas Bekasi yang keenam adalah Kue Akar Kelapa. Warga Jakarta memang sudah tidak asing dengan kue yang satu ini. Rasa kue nya yang manis serta bentuknya yang unik memang mengundang selera. Kue ini disebut kue akar kelapa karena bantuknya yang bergerigi mirip dengan akar pohon kelapa.

Untuk pembuatan kue ini cukup mudah. Anda bisa mencampurkan beberapa bahan baku seperti tepung ketan, beras ketan serta kelapa parut. Setelah adonan siap, anda tinggal menggorengnya hingga berwarna kecoklatan.

7. Wajik Ketan

Oleh-oleh khas Bekasi yang ketujuh adalah Wajik Ketan. Wwajik ketan ini terbuat dari olahan beras ketan yang dimasak menggunakan santan. Untuk warnanya diperoleh dari gula merah atau gula jawa.

Jika anda ingin membeli kue wajik ketan saat berada di Bekasi pasti akan mudah menjumpai pedagang wajik dengan rasa yang legit. Wajik ketan ini juga bisa anda temui di warung Mpok Nini.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner Bali Yang Wajib Anda Coba

8. Rengginang

Oleh-oleh khas Bekasi yang terakhir adalah Rengginang. Rengginang menjadi salah satu oleh-oleh Bekasi yang sering kali diproduksi. Karena memang rengginang memiliki cukup banyak penggemar baik warga lokal maupun warga dari daerah lain. Bentuknya yang mirip dengan kerupuk namun memiliki rasa yang lebih gurih dan manis.

Cara pembuatan rengginang cukup mudah. Anda bisa langsung menjemur kerak nasi yang sudah dibentuk terlebih dahulu dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering.***

Tinggalkan Komentar