Home Politik Pemerintah Harus Tegur Daerah yang Belum Realisasikan Anggaran Covid-19

Pemerintah Harus Tegur Daerah yang Belum Realisasikan Anggaran Covid-19

oleh Marpi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Ist).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Ist).

FAKTUALid – Rendahnya penyerapan anggaran penanganan Covid-19 di sejumlah daerah menjadi perhatian bagi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ia meminta pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri menegur daerah yang tidak merealisaikan anggaran sebagaimana mestinya.

“Saya meminta Mendagri untuk memberikan klarifikasi mengenai kendala rendahnya penyerapan anggaran untuk penanganan COVID-19 di beberapa daerah. Mendagri juga harus menegur sejumlah kepala daerah yang belum merealisasikan anggaran penanganan COVID-19,” kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) khususnya di daerah yang masih rendah penyerapan anggarannya menyampaikan permasalahan yang menjadi kendala dalam merealisasikan anggaran penanganan COVID-19.

“Pemerintah pusat juga harus berupaya memberikan solusi terbaik dari masalah yang dihadapi pemda tersebut. Karena masalah anggaran tersebut juga berimplikasi kepada insentif tenaga kesehatan yang berjuang di baris terdepan dalam penanganan COVID-19,” lanjutnya.

Politisi Partai Golkar itu meminta pemerintah pusat bekerja sama dengan pemda untuk meningkatkan koordinasi dan bersinergi. Langkah perbaikan koordinasi tersebut menurut dia diharapkan dapat menghasilkan solusi dalam penanganan COVID-19 di tiap daerah.
“Karena penanganan pandemi membutuhkan kerja keras dan kerja sama antara pusat dan daerah. Selain itu Kemenkeu untuk dapat mengevaluasi setiap penyerapan anggaran di masing-masing daerah, sehingga dapat terpantau penyerapan anggaran terutama untuk penanganan COVID-19 di seluruh daerah,” ucapnya seperti dilansir antaranews.com.

Ketua IMI Pusat ini juga mengharapkan komitmen pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi anggaran penanganan COVID-19 dan secara cermat merumuskan semua kebutuhan dan menyusun anggaran agar seluruh program pemerintah dalam penanganan pandemi berjalan lancar sesuai target. ***

 

Tinggalkan Komentar