Connect with us

Ibu Kota

Jelang Puasa Ramadhan 1443 H: Pemprov DKI Jakarta Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Aman

Avatar

Diterbitkan

pada

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketersediaan atau stok pangan untuk kebutuhan Ramadhan 1443 H warga DKi Jakarta terbilang cukup dan aman.

Penegasan tersebut disampaikan Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati, di Balai Kota Jakarta, Selasa (29/3/2022).

“Mengenai komoditas pangan strategis, yakni beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabai keriting, rawit merah, dan bawang putih tersedia dalam jumlah yang cukup dan aman,” terang Sri.

Menurut Sri, ketersediaan pangan yang cukup diharapkan mampu menjaga kestabilan harga pangan di Jakarta, sehingga inflasi selama momen Ramadhan tetap terjaga.

“Kenaikan inflasi didorong oleh kenaikan harga yang di antaranya disebabkan oleh tingginya permintaan,” ucap Sri.

Advertisement

Ditambahkan Sri, beberapa komoditas pangan diperkirakan masih mengalami tren kenaikan harga ke depan. Ini karena seiring dengan kenaikan permintaan masyarakat pada bulan Ramadahn dan Idhul Fitri, dan implikasi dari kenaikan harga komoditas global.

“Upaya-upaya yang dilakukan agar inflasi Jakarta tetap terkendali dan berada dalam kisaran sasaran inflasi nasional sebesar 3 persen sampai minus 1 persen,” jelas Sri.

Sri yang juga Wakil Ketua I TPID Provinsi DKI Jakarta memastikan, pihaknya terus memantau perkembangan harga dan kecukupan pasokan untuk menjaga kestabilan harga pangan di Ibukota di tengah pandemi Covid-19.

“Untuk memastikan stok dan pasokan pangan terjaga, sekaligus memperkuat sistem logistik pangan di DKI Jakarta,” tutur Sri. “Tiga BUMD pangan (Perumda Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Dharma Jaya) terus memperluas dan meningkatkan kerja sama antar daerah,” imbuhnya. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca