Connect with us

Nasional

Gelar Media Gathering, Dompet Dhuafa Kembangkan 9 LPM dari Program Kelola Dana Zakat untuk Bantu Umat

Avatar

Diterbitkan

pada

Manager Divisi Layanan Sosial Dompet Dhuafa, Kamaludin, menyerahkan bantuan alat bantu dengar. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Lembaga kemanusiaan terkemuka di Indonesia Dompet Dhuafa terus mengembangkan program-programnya untuk dapat mengelola dana zakat yang didapat dari masyarakat.

Jika sebelumnya hanya ada satu program Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) yaitu Layanan Mustahik, kini berkembang menjadi 9 LPM.

Ada pun 9 LPM yang dimaksud:

1. Program Layanan Mustahik yang melayani Konseling dan Bantuan Mustahik, Bantuan Disabilitas, Pangan Untuk Orang Terkulai, Penyaluran & Survei Mustahik dan Bersih Itu Sehat (BIS).

2. Program Bimbingan Rohani Pasien yang terdiri dari Layanan Reguler di Rumah Sakit, Home Care, Pelatihan Spiritual dan Konsling keagamaan.

Advertisement

3. Program Bina Santri Lapas antara lain, Layanan Pembinaan di Lapas/Rutan, Konsling Keagamaan, Pelatihan Keterampilan dan Pendidikan Kader Dai (PKD).

4. Program Pendampingan Disabilitas Mental, yang melakukan Evakuasi Disabilitas Mental, Rehabilitas Disabilitas Mental, Pembinaan Spiritual Rutin dan Acara Peringatan Hari Besar Islam.

5. Program Shelter Sehati yakni Dompet Dhuafa Menyediakan Rumah Singga, Pembinaan Spiritual, Pelatihan Keterampilan dan Penyuluhan Kesehatan.

6. Program Dapur Keliling (Darling), yang mana mereka Menyediakan Makanan Bagi Para Penyintas, Pemenuhan Gizi Masyarakat Marginal dan Edukasi Makanan Sehat.

7. Program Bagian Pemulasaraan Jenazah, program ini memberikan Pelayanan Pengantaran Jenazah, Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Bagi Masyarakat, Training of Trauner (ToT) dan Pengurusan Jenazah.

Advertisement

8. Program Pemberdayaan Keluarga Mandiri, berupa bantuan dana kepada masyarakat dengan program Keluarga Tangguh, Disabilitas Mandiri (DISMAN), Tunas Keluarga, Tebus Ijazah dan Pemberdayaan Majelis Taklim Ummahat.

9. Program Yatim Tangguh Berdaya, yaitu Yatim Preneur, Bantuan Pendidikan Yatim dan Bantuan Pangan Keluarga Yatim.

“Dari semua program ini, kami ingin menyampaikan ini loh duit zakat, bantuan yatim dan infaq yang bapak dan ibu berikan melalui Dompet Duafa. Jadinya program ini, yang kemudian diterima dan dirasakan oleh masyarakat yang memang membutuhkan,” ungkap Manager Divisi Layanan Sosial Dompet Dhuafa, Kamaludin, dalam kegiatan Media Gathering, di Restoran Ayam Panggang Setu Gintung, (APSG) Ciputat, Tangerang Selatan..

“Selain itu, ada program penerima manfaat penanggulangan bencana, penerima manfaat sekolah gratis dan lain sebagainya,” jelasnya.

Kepala LPM Dompet Dhuafa Dhuafa, Moh. Noor Awaluddin Asjhar, memberi penjelasan 9 Pelayanan yang dikembangkan dalam membantu umat. (Foto: Bambang)

Sementara itu, Kepala LPM Dompet Dhuafa Dhuafa, Moh. Noor Awaluddin Asjhar mengatakan, program-program ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada pihkanya dalam mengelola dana zakat.

Oleh karena itu, pihaknya berharap teman-teman dari media menyebarluaskan program ini bahwa ada akses bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sehingga dapat memperluas dampak dan manfaat yang menjadi satu kesatuan menginformasikan dan memberikan hak bagi masyarakat kaum dhuafa.

Advertisement

“Karena saya yakin di luar sana banyak mereka ya mungkin saudara, tetangga atau pun keluarga kalian yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan,” terangnya.

Hingga saat ini capaian LPM Dompet Dhuafa sebesar Rp15.404.379.257 dengan manfaat yang sudah dirasakan oleh sebanyak 61.947 ribu orang. ****

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca