Connect with us

Nasional

Gudang Amunisi TNI AD Bogor Meledak: Pangdam Jaya Jelaskan Kronologis, Pastikan Sistem Penanggulangan Aman

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan membeberkan kronologis terjadinya ledakan dahsyat pada kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) petang

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan membeberkan kronologis terjadinya ledakan dahsyat pada kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) petang

FAKTUAL INDONESIA: Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan membeberkan kronologis meledaknya Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu petang, sehingga gudang itu terbakar.

“Jadi, pada pukul 18.05 WIB, ditemukan indikasi adanya asap di gudang nomor 6 Gudmurah Kodam Jaya dan diindikasikan akan terjadi ledakan,” kata Pangdam Jaya yang meninjau ke lokasi kejadian, Sabtu malam.

Sehingga, lanjut dia, anggota segera memberitahukan kepada piket untuk memberitahu kepada masyarakat sekitar bahwa akan terjadi ledakan.

“Dan memang akhirnya terjadi ledakan di gudang nomor 6,” ujarnya.

Gudang munisi nomor 6 itu berisi munisi-munisi yang sudah kedaluwarsa dan pengembalian dari berbagai satuan yang dilayani oleh Kodam Jaya di seluruh wilayah Jakarta ini.

Advertisement

“Ini berkisar ada 160 ribu jenis munisi maupun bahan peledak yang ada di gudang itu,” ucap Hasan.

Pangdam juga mengklaim hingga saat ini belum ada korban jiwa maupun luka-luka akibat terbakarnya Gudang 6, Gudmurah Kodam Jaya

“Sampai saat ini, kami sudah mengecek seluruh lokasi di parameter kami, bahwa tidak ada korban jiwa. Walaupun saat ini kami tidak bisa masuk langsung ke lokasi karena masih ada kerawanan ledakan-ledakan kecil,” kata Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Dalam bagian lain Pangdam Jaya memastikan bahwa sistem penanggulangan Gudang Munisi/Amunisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang terbakar sudah memiliki sistem keamanan yang baik.

“Dipastikan, sistem penanggulangan di Kodam Jaya ini sudah sangat aman karena lokasinya berada di bunker dan di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan, namun jika ledakannya ke atas bisa menyebar sampai ke beberapa tempat,” katanya di lokasi, Sabtu petang.

Advertisement

Hasan mengatakan meski didaku/klaim aman, namun apabila terjadi pentalan proyektil ke atas masih dapat berpotensi ke tempat lain.

“Walaupun mungkin tadi ada berita di media dan lain-lain, selongsong yang sampai ke perumahan memang mungkin horizontal vertikal ke atas dan sampai di suatu tempat,” katanya.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan lintas sektoral terkait untuk mengamankan area di sekitar lokasi kejadian kebakaran dengan prioritas pengamanan warga sekitar agar terhindar dari pentalan proyektil dimaksud.

Petugas gabungan masih diterjunkan hingga petang ini untuk mengamankan perimeter agar warga tidak mendekati lokasi kejadian kebakaran.

Pengguna jalan yang hendak menuju titik rawan potensi terdampak insiden kebakaran pun diminta untuk memutar balik kendaraan menuju arah yang lebih jauh dari lokasi kebakaran demi keselamatan warga. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement