Connect with us

Wisata

6 Wisata Curug di Bogor yang Bisa Anda Dikunjungi, Masih Asri dan Indah

Avatar

Diterbitkan

pada

curug di bogor

Curug Lontar (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Memasuki akhir pekan, tentu para pekerja ingin melepas padatnya rutinitas harian yang melelahkan. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi wisata curug di Bogor. Curug kerap kali dipilih karena bisa merelaksasi tubuh dan jiwa dari penatnya pekerajaan.

Kota yang bersebelahan dengan Jakarta ini sudah terkenal menyimpan tempat wisata alam yang asri dan mempesona. Dari sekian banyak wisata alam di Bogor yang menakjubkan, banyak orang memutuskan pergi ke air terjun yang berasal dari alam.

Air terjun atau curug di Bogor terbilang masih alami dan asri sehingga bisa memanjakan mata para pengunjung. Beberapa wisata curug di Bogor juga terletak di dataran tinggi sehingga saat menuju ke lokasi, Anda disuguhkan pemandangan alam Jawa Barat yang hijau nan indah.

Hal tersebut membuat banyak masyarakat Ibukota pergi ke kota hujan ini untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Tak lain dan tak bukan untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk perkotaan yang terkadang membuat pusing dan penat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hotel Staycation di Bogor, Cocok untuk Keluarga

Berikut beberapa rekomendasi wisata curug di Bogor yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Curug Cibaliung

curug di bogor

Curug Cibaliung (Foto: Instagram.com @haviz_amrizal7)

Wisata curug di Bogor yang pertama yaitu Curug Cibaliung. Tempat satu ini sangat menarik untuk dikunjungi karena airnya yang jernih merefleksikan warna biru kehijuan yang mempesona. Curug yang berlokasi di Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini, berdekatan atau masih satu aliran dengan Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Cepet.

Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan tentu terdapat pemandangan memukau dan udara yang sejuk. Selain itu, lokasi tersebut juga cocok bagi Anda menyukai olahraga trekking.

2. Curug Cikaluwung

curug di bogor

Curug Cikaluwung (Foto: Shutterstock)

Curug Cikaluwung merupakan salah satu curug di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Panorama di curug ini menurut sebagian orang memiliki panorama yang luar biasa. Uniknya, curug ini mempunyai dua curug yang dapat dipilih, yakni Curug Cikuluwung 1 dan 2.

Curug yang mengalir dari bebatuan adalah aliran air alami dan belum banyak dilakukan pembangunan di sekitarnya. Hal tersebut membuatnya keasriannya masih terjaga dan membuatnya terlihat makin indah.

3. Curug Goa Lumut

curug di bogor

Curug Goa Lumut Indah (Foto: Trip Advisor)

Wisata curug di Bogor berikutnya yaitu Curug Goa Lumut. Terletak di kawasan wisata Gunung Bunder, membuatnya seringkali didatangi para wisatawan. Air terjun ini diketahui dikelilingi oleh tebing batu berlumut yang menakjubkan.

Curug Goa yang berlokasi Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, tersebut memiliki ke dalaman air yang cukup tinggi dan berbeda-beda. Jika Anda belum mempunyai skill berenang sebaiknya tidak berendam di kolam tersebut.

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Wajib Anda Bawa Pulang

4. Curug Kiara

curug di bogor

Curug Kiara (Foto: limakaki.com)

Selain Curug Goa Lumut, curug di Bogor lainnya adalah Curug Kiara yang terletak Ciasihan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Curug satu ini berada di area hutan dan tepat berlokasi di kaki Gunung Salak. Hal ini tentu akan menyuguhkan udara sejuk dan panorama yang menakjubkan.

Curug Kiara mempunyai tinggi hingga mencapai 50 meter yang menjadi daya tarik tempat wisata ini. Mengingat kedalamannya tinggi serta aliran air yang cukup tinggi dan deras, Anda perlu berhati-hati sebab dapat membahayakan keselamatan.

5. Curug Leuwi Lieuk

curug di bogor

Curug Leuwi Lieuk (Foto: aji wijaya/Shutterstock)

Jika sudah berkali-kali datang ke Curug Leuwi Hejo dan Curug Cibaliung, Anda bisa mencoba datang ke Curug Leuwi Lieuk. Curug di Bogor ini masih memiliki aliran air dengan kedua curug tersebut. Pengunjung yang datang langsung disuguhkan pemandangan cantik berupa tebing tinggi dengan aliran sungai yang jernih.

Lokasinya yang berada di Babakan Madang, Bogor, membuat warga Jakarta banyak berdatang karena berada tidak jauh dengan Perumahan Sentul City. Kejernihan air di Curug Leuwi Lieuk dikatakan bisa membayar kelelahan wisatawan berkat keindahnya yang layak untuk dinikmati.

Advertisement

6. Curug Lontar

curug di bogor

Curug Lontar (Foto: Istimewa)

Rekomendasi wisata curug di Bogor yang terakhir adalah Curug Lontar. Wisata alam ini bisa dibilang masih terjaga keasriannya, bagi para pengunjung yang datang diharapkan untuk membantu menjaga kelestariannya agar kealamiannya terjaga.

Aliran air yang deras dan jernih, serta dikelilingi oleh fenomena geologi ini bisa menghilang stres dan penat dari aktivitas harian yang melelahkan. Meski dapat melihat penampakan geologi ini, tapi pengunjung dilarang untuk berenang karena curug ini mempunyai kedalaman yang akan membahayakan pengunjung yang berenang.***

Baca juga: 5 Jembatan di Jawa Barat yang Ikonik dan Unik, Apa Saja?

Lanjutkan Membaca
Advertisement