Home LifestyleKesehatan 8 Cara Mengatasi Biduran dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh

8 Cara Mengatasi Biduran dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi biduran

Ilustrasi biduran (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Biduran merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada kulit. Penyaki satu ini akan menyebabkan penderitanya gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi biduran untuk mengetahui penyebabnya.

Urtikaria atau yang biasa disebut biduran merupakan masalah yang ditandai munculnya ruam atau bentol kemerahan pada kulit. Biduran merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang.

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu biduran, seperti alergi, infeksi, paparan sinar matahari, hingga efek dari obat-obat. Seseorang yang mengalami biduran biasanya mengalami bentol-bentol dalam jumlah banyak dan besar.

Masalah kulit ini umumnya akan hilang dengan sendirinya dan berlangsung dalam waktu sekitar 24 jam. Namun, kondisi demikian pasti membuatnya tidak nyaman. Selain minum obat, kamu dapat mengetahui cara mengatasi biduran dengan menggunakan bahan alami di rumah.

Baca juga: Perawatan Non-invasif Lebih Dipilih untuk Pemeliharaan Kulit Muka

Berikut beberapa cara mengatasi biduran yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kompres menggunakan es batu

Cara mengatasi biduran secara alami yang pertama yaitu dengan mengompres menggunakan es batu. Melatakan es batu dengan handuk kecil sebagai kompresan pada bagian yang mengalami biduran dapat membantu meringankan iritasi dan menurunkan gejala yang dialami.

Kamu dapat mengompres bagian tersebut selama 10 menit. Hindari menggunakan kompres dengan air hangat, karena mengopres panas pada bagian kulit yang mengalami biduran dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit.

2. Menggunakan lidah buaya

Kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai salah satu cara mengatasi biduran pada kulit . Hal tersebut karena lidah buaya memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami biduran dan juga mengobati luka bakar akibat sinar matahari.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengoleskan bagian daging lidah buaya pada area kulit yang mengalami biduran. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.

3. Oatmeal

Sama seperti lidah buaya, oatmeal juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan biduran. Untuk menggunakan oatmeal sebagai cara mengatasi biduran, kamu dapat mencampurkan 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi lalu gunakan campuran tersebut untuk mandi.

Kandungan antiinflamasi dalam oatmeal membantu mengurangi gatal yang dirasakan. Pastikan saat kamu membilas tubuh dan mengeringkannya dengan handuk tidak menggaruk biduran.

4. Minyak kelapa

Apabila kamu kamu mengalami biduran, kamu dapat mengoleskan bagian kulit yang bentol dan gatal dengan minyak kelapa. Pada minyak kelapa dikenal memiliki kandungan pelembab dan antibakteri sehingga efektif digunakan sebagai salah satu cara mengatasi biduran.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Aman dan Ampuh

5. Menjaga kondisi tubuh tetap sejuk

Cara mengatasi biduran berikutnya dengan menjaga kondisi tubuh tetap sejuk. Sebab, kondisi panas pada tubuh dapat memperparah sensasi gatal. Karenanya, kamu perlu menjaga suhu di rumah agar tetap sejuk dan nyaman. Kamu dapat menutup jendela dengan gorden untuk menghindari dari sinar matahari.

6. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit

Salah satu cara mengatasi biduran lainnya ialah dengan menghindari produk yang dapat mengiritasi kulit. Pasalnya, ada beberapa merk sabun yang membuat kulit menjadi kering dan bisa memicu gatal saat biduran sedang terjadi.

Untuk itu, kamu dapat memilih jenis sabun, pelembab, dan losion untuk kulit sensitif agar dapat menghindari pemicu iritasi. Untuk mencegah kulit kering, kamu dapat menggunakan pelembab setelah mandi.

7. Ekstrak cuka apel

Kandungan ekstrak cuka apel dipercaya dapat mengurangi inflamasi serta meredakan biduran. Selain itu, ekstrak juga apel juga dapat mencegah bakteri dan membantu meningkatkan sirkulasii darah pada kulit serta mengatur tingkat ph.

Untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi biduran, kamu basahi selembar tisur yang kasar dengan ekstrak cuka apel lalu oleskan pada area kulit yang mengalami biduran beberapa kali dalam sehari.

8. Daun jelatang

Cara mengatasi biduran yang terakhir adalah dengan menggunakan daun jelatang. Kandungan senyawa antihistamin pada daun jelatang dapat membantu untuk mengatasi biduran. Tak heran jika daun ini dijadikan obat alami tradisional untuk mengatasi masalah kulit seperti biduran.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengonsumsi beberapa daun jelatang yang telah dikukus. Atau bisa juga dengan meminum kapsul secara rutin.***

Baca juga: Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Biru

You may also like

Tinggalkan Komentar