Connect with us

Kesehatan

6 Cara Meluruskan Penis yang Bengkok, Mana yang Ampuh?

Avatar

Diterbitkan

pada

cara meluruskan penis yang bengkok

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Penis bengkok pada pria merupakan salah satu kondisi yang terbilang normal. Meski sebagian pria mengganggap hal yang lumrah, namun sebagian lainnya merasa terganggu dengan kondisi tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meluruskan penis yang bengkok secara benar.

Bebeberapa pria ada yang mengalami bengkok ke atas, ke bawah, atau pun ke samping. Kondisi ini lebih mudah diidentifikasi saat pria tersebut mengalami ereksi. Sebenarnya, penis bengkok menjadi masalah ketika terasa sakit saat ereksi dan mengganggu saat berhubungan seks dengan sang istri.

Namun, kondisi penis yang terlalu bengkok dikenal dengan penyakit Peyronie, yakni kondisi dimana terbentuknya jaringan plak atau parut di dalam penis. Jika Anda mengalami masalah seperti penis sakit saat ereksi, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter.

Terdapat beberapa cara meluruskan penis yang bengkok, baik tanpa operasi maupun dengan operasi. Terlebih jika disebabkan oleh penyakit Peyronie, Anda perlu menerpaknnya agar penis menjadi lurus kembali.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Penis Kering yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa cara meluruskan penis yang bengkok, yang telah faktualid.com rangkum dari sehatq dan hellosehat.

Advertisement

1. Obat-obatan

Cara meluruskan penis yang bengkok, yang pertama yaitu mengonsumsi obat-obatan. Meski belum terbukti efektif, namun sejumlah obat dipercaya dapat mengobati penyakit Peyronie. Penggunaan obat bisa dilakukan fase awal penyembuhan.

Keberhasilan metode ini bergantung pada berbagai faktor, misalnya kapan perawatan ini diberikan. Pada beberapa pria yang mengalami penis bengkok disertai rasa sakit, dokter akan menyuntikkan langsung guna mengurangi lengkungan.

Obat ini biasa dilakukan beberapa kali selama beberapa bulan. Ada 3 jenis obat yang dilakukan dalam metode ini, yakni Collagenase, Verapamil, dan Interferon.

2. Pompa sedot penis

Pompa sedot penis dianggap dapat dijadikan sebagai salah satu cara meluruskan penis yang bengkok. Alat ini berbentuk tabung dengan pompa manual atau elektrik untuk menghasilkan ruang vakum. Alat ini bekerja dengan cara memasukkan penis ke dalam tabung melalui cincin di dasarnya.

Akan tetapi, menggunakan pompa sedot ini memiliki risiko memperparah kondisi penis yang bengkok. Tekanan yang dihasilkan juga bisa menyebabkan trauma atau fibrosis pada penis.

Advertisement

3. Terapi traksi

Cara meluruskan penis yang bengkok berikutnya yaitu menjalani terapi traksi. Metode ini bisa dilakukan di fase awal. Sama seperti alat pompa, terapi ini melibatkan peregangan penis dengan perangkat mekanis yang dilakukan secara mandiri dalam kurun waktu tertentu.

Perawatan ini juga bisa diterapkan di fase kronis penyakit Peyronie yang dikombinasikan dengan perawatan lain, atau setelah operasi.

Baca juga: 8 Cara Memperbesar Penis Secara Alami, Buktikan Sendiri

4. Terapi gelombang kejut listirk

Selain terapi traksi, cara meluruskan penis yang bengkok juga dapat dilakukan dengan terapi gelombang kejut listrik. Sebuah studi menunjukkan bahwa efektivitas terapi gelombang kejut listrik efektif dalam membantu pengobatan penyakit Peyronie tanpa operasi.

Metode ini tentu dilakukan dengan gelombang kejut listrik berintensitas rendah pada plak untuk meredakan lengkungan dan mengurangi rasa sakit. Terapi ini perlu dilakukan satu kali dalam seminggu selama 3 bulan.

5. Peregangan dan pijat penis

Peregangan dan pijat penis merupakan cara meluruskan penis yang bengkok, yang sangat sederhana. Tak perlu alat, perawatan ini hanya memerlukan teknik dengan menekuk ke arah berlawanan secara manual. Cobalah menekuk penis ketika ereksi selama 30 detik dalam sehari.

Advertisement

Selain itu, melakukan pijat lembut bisa dipraktikkan dengan minyak jarang guna meluruskan penis. Sama seperti peregangan, lakukan pijat secara lembut tetapi saat tidak ereksi, selama 30 detik sebanyak 3 kali dalam sehari.

Kendati mudah dilakukan, keduanya cara meluruskan penis ini dapat menimbulkan efek samping, diantaranya bengkak, rasa sakit, memang, dan lainnya.

6. Operasi

Jika cara meluruskan penis yang bengkok di atas dirasanya tidak membuahkan hasil, Anda bisa melakukan operasi untuk meluruskan penis yang melengkung. Operasi umumnya dilakukan dengan tindakan bedah pada penyakit Peyronie yang cukup serius.

Kondisi ini sebenarnya bisa hilang tanpa perawatan pada sebagian pria. Maka dari itu, seseorang yang memutuskan untuk operasi perlu menunggu selama 9 – 12 bulan.

Dokter biasanya akan mengambil tindakan berupa:

Advertisement
  • Menanam alat khusus.
  • Menghilangkan area penis yang berseberangan dengan plak guna meluruskan penis. Meski begitu, tindakan ini dapat ukuran memperpendek penis Anda.
  • Memotong jaringan parut dan memasang sebagian kecil kulit atau pembuluh darah untuk meluruskan penis.***

Baca juga: 8 Makanan untuk Mengatasi Ejakulasi Dini, Konsumsi Mulai Sekarang!

Lanjutkan Membaca