Connect with us

Kesehatan

8 Buah yang Baik Dikonsumsi Seusai Menyantap Daging, Apa Saja?

Avatar

Diterbitkan

pada

buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging

Ilustrasi alpukat (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Perayaan Idul Adha identik dengan sajian daging yang lezat. Ketika makan daging, banyak yang khawatir kadar kolesterol jahat (LDL) menanjak drastis. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging guna menurunkan kolesterol.

Buah-buahan memang disarankan dikonsumsi setiap hari karena mengandung nutrisi dan gizi yang melimpah. Buah juga dianggap bisa menetralisir kolesterol di dalam tubuh. Biasaya, kolesterol datang setelah seseorang mengonsumsi olahan daging.

Maka dari itu, mulailah menerapkan kebiasaan makan buah setelah mengonsumsi olahan daging. Kabarnya, jenis buah tertentu juga bisa membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Lantas, apa saja beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging?

Baca juga: Simak, Ini 6 Cara Sehat Makan Daging saat Idul Adha

Berikut beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Apel

buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging

Ilustrasi apel (Foto: Istimewa)

Jenis buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging, yang pertama yaitu apel. Buah satu memiliki kandungan pektin yang dapat menurunkan kolesterol. Lebih jelasnya, pektin merupakan serat larut air yang mampu menurunkan kolesterol.

Apel juga termasuk kandungan serat paling tinggi dan lengkap jenisnya. Tak heran jika kandungan didalamnya mampu menurunkan kolesterol dengan mengikatnya di usus kecil.

Advertisement

2. Jeruk

Dari sekian banyaknya buah, jeruk merupakan buah nikmat dan menyegarkan yang menjadi favorit banyak orang. Sudah diketahui bersama, jeruk mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, vitamin C pada jeruk juga bisa menyerap zat besi pada daging. Dengan begitu, jeruk bisa dikatakan sebagai buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging, Selain jeruk, Anda bisa mengonsumsi jenis buah sitrus lain seperti lemon, nipis, hingga jeruk bali.

3. Alpukat

buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging

Ilustrasi alpukat (Foto: Istimewa)

Buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging berikutnya yaitu alpukat. Buah berbiji besar ini dikenal sebagai superfood yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan vitamin B, C, E, K, dan lainnya.

Disisi lain, alpukat juga mempunyai kandungan kolesterol baik (HDL) yang dapat meluruhkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Satu cangkir atau setara 150 gram alpukat mengandung 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Pisang

Terdapat buah yang dikenal dapat menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan. Buah yang dimaksud adalah pisang. Makan buah berwarna kuning ini dinilai efektif mencegah kolesterol berpindah ke aliran darah dan mencegah penyumbatan pada arteri.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Jeruk Seusai Makan Daging, Ampuh dan Menyegarkan!

Jika bosan makan pisang secara langsung, coba masukkan potongan buah ini di atas oat dengan satu sendok makan biji chia untuk sarapan pagi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Advertisement

5. Jambu

buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging

Ilustrasi jambu (Foto: Istimewa)

Selain pisang, buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging lainnya adalah jambu. Jambu air atau jambu biji memiliki kandungan serat, vitamin A, dan C yang sangat tinggi. Seluruh vitamin dan mineral diatas ketika dimakan, bisa mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Sebaiknya konsumsi buah jambu beserta kulitnya agar manfaat buah penetralisir setelah makan daging lebih efektif.

6. Nanas

Nanas adalah pilihan buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging. Nanas bisa melancarkan pencernaan setelah banyak mengonsumsi daging. Semua itu diduga berkat kandungan vitamin C dan cairan yang dimilikinya. Supaya lebih nikmat, Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Nanas juga biasanya disajikan untuk mendinginkan tenggorokan saat cuaca panas.

7. Kiwi

buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging

Ilustrasi kiwi (Foto: Istimewa)

Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin A, C, cairan, serat dan mineral yang lengkap, sehingga mampu melancarkan pencernaan dan memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan Massey University, New Zealand, kiwi mengandung enzim bernama actinidin yang berfungsi mempercepat pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap tubuh.

8. Tomat

Tomat kerap digolongkan ke dalam sayuran. Padahal, tomat termasuk ke dalam jenis buah. Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah satu ini memiliki banyak manfaat. Kandungan potassium dan likopen pada tomat dapat memberikan perlindungan alami dari kolesterol jahat sehingga dapat rutin dimakan sebagai buah yang baik dikonsumsi seusai makan daging.***

Baca juga: 8 Jenis Buah yang Baik untuk Mata, Salah Satunya Tomat

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement