Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi, Tak Hanya Meningkatkan Imunitas

7 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi, Tak Hanya Meningkatkan Imunitas

oleh Farhan Zuhdi
manfaat berjemur sinar matahari pagi

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kegiatan berjemur di bawah sinar matahari pagi umumnya sering dianjurkan untuk bayi dan anak-anak. Tak hanya itu, ternyata orang dewasa juga bisa mengambil manfaat berjemur sinar matahari pagi. Kegiatan ini dianggap bisa meningkatkan kesehatan.

Terlebih saat munculnya pandemi Covid-19 banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan menjemur diri di bawah terik sinar matahari pagi karena bisa memperkuat daya tahan tubuh. Sinar matahari pagi yang menyentuh kulit nanti akan diubah menjadi asupan vitamin D.

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit wajah dan wajah yang berjerawat. Terkait waktunya, kamu dianjurkan berjemur sebelum pukul 10.00 selama 15 menit. Lakukan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Biru

Berikut beberapa manfaat berjemur sinar matahari pagi yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berjemur sinar matahari pagi yang pertama yaitu meningkatkan kualitas tidur. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang mengenai mata dapat berdukung melatonin, yakni hormon yang membuat mengantuk dan membantu tidur supaya bisa ditutup hingga matahari terbenam lagi.

Tubuh yang sering terkena sinar matahari dapat mempunyai gambaran lebih jelas tentang siang dan malam hari. Saat kondisi mulai gelap, tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

2. Menguatkan tulang

Jika hendak menguatkan tulang, ada cara lain selain mengonsumsi berbagai makanan dan minuman. Karena hanya dengan mengambil manfaat berjemur sinar matahari pagi bisa menguatkan dan menjaga kesehatan tulang.

Hal ini karena sinar matahari merupakan asupan vitamin D yang penting untuk kepadatan tulang dan membantu tubuh menyerap kalsium. Sehingga bisa membuat tulang lebih kuat, membantu tercegah dari osteoporosis, dan radang sendi.

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat berjemur sinar matahari pagi ini merupakan paling populer semenjak munculnya virus Covid-19. Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘sunbath therapy’? Terapi ini memanfaatkan paparan sinar matahari pagi akan membantu menekan sistem imunitas.

Meningkatkan imunitas tubuh dapat berguna melawan berbagai penyakit, termasuk dari virus Covid-19. Sel darah putih saat terkena sinar UV akan membantu untuk mencegah infeksi pada tubuh.

4. Meningkatkan suasana hati

Selain meningkatkan imunitas, manfaat berjemur sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan suasana hati. Menurut beberapa penelitian, seseorang yang berjumur di bawah sinar matahari pagi mampu menurunkan gejala depresi.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Penglihatan, Penting untuk Diketahui

Pasalnya, kekurangan sinar UV dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder atau SAD. Paparan sinar matahari sangat baik untuk memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan tenang.

5. Menurunkan risiko persalinan prematur

Manfaat berjemur sinar matahari pagi lainnya adalah membantu menurunkan risiko persalinan prematur. Ini bisa terjadi berkat vitamin D yang dinilai bisa melindungi ibu hamil dari risiko persalinan prematur serta infeksi yang terkait dengan proses persalinan.

Kendati demikian, ibu hamil tidak boleh menggunakan kegiatan ini sebagai metode utama dalam mendapatkan vitamin D. Sebab, terlalu lama berjemur memiliki efek timbulnya ruam dan meningkatkan risiko melanoma atau kanker kulit.

6. Mengurangi risiko kanker

Ternyata, berjemur di bawah terik sinar matahari pagi bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena penyakit kanker. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa matahari menjadi sumber asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nutrisi yang di dapat dengan berjemur sinar matahari pagi akan membantu mengurangi risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar.

Seorang peneliti dari Amerika menyebutkan penderita kankes usus besar yang diberikan suplemen vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60 persen.

7. Sembuhkan kelainan kulit

Manfaat berjemur sinar matahari pagi yang terakhir dapat menyembuhkan kelainan kulit. Paparan sinar matahari yang menyentuh kulit akan membantu penyembuhan berbagai gangguan atau kelaianan kulit, diantara jerawat, penyakit kuning, eksim, psoriasis, dan infeksi jamur pada kulit yang lainnya.***

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami Akibat Sinar Matahari

You may also like

Tinggalkan Komentar