Home LifestyleKesehatan 7 Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda Sebelum Terlambat

7 Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda Sebelum Terlambat

oleh Hana Chaniago
cara mencegah diabetes

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Penyakit diabetes merupakan masalah kesehatan yang cukup memprihatinkan. Data penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa sekitar 450 juta orang di seluruh dunia mengidap diabetes. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes di seluruh provinsi diperkirakan mencapai sekitar 15-17 juta orang. Maka dari itu, anda perlu mengetahui cara mencegah diabetes sebelum terlambat.

Secara umum, diabetes dibagi menjadi dua jenis. Yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah.

Sementara diabetes tipe 2 adalah dimana kondisi tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Diluar itu, diabetes juga dapat terjadi pada masa kehamilan.

Kiat Tepat Mencegah Diabetes
Penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini berkaitan dengan penyakit autoimun, kelainan genetik, dan faktor keturunan. Karena belum diketahui secara pasti, maka pencegahannya pun juga belum bisa dipastikan. Sementara diabetes tipe 2 diketahui dengan faktor genetik, pola hidup tidak sehat, dan resistensi insulin.

Untuk mencegah diabetes, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Diet yang baik merupakan salah satu cara untuk mencegah diabetes. Pencegahan ini dapat membantu anda mengendalikan berat badan akan tetap ideal sehingga mengurangi resiko terkena diabetes.

Untuk mencegah diabetes, pastikan makanan anda selalu mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang, yaitu karbohidrat, protein, serat, lemak baik serta vitamin dan mineral.

Jika anda suka ngemil, sebaiknya pilih cemilan sehat, seperti susu, yoghurt rendah lemak serta kacang-kacangan yang direbus tanpa garam. Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi.

Baca juga:Diabetes Picu Penyakit Liver yang Parah

2. Perbanyak Aktivitas Fisik

Gaya hidup mager alias malas bergerak bisa mempengaruhi kadar gula naik secara perlahan. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatric Academic Societies melaporkan bahwa orang dewasa yang terbiasa menonton tv lebih dari 3 jam setiap hari beresiko tinggi terkena diabetes

Oleh karena itu, biasakan diri anda untuk lebih aktif bergerak dan hindari melakukan suatu kegiatan yang menyebabkan anda duduk atau berbaring terlalu lama. Aktivitas fisik dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat mendorong proses penyimpanan gula pada jaringan otot dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Langkah mencegah diabetes yang bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain memperbanyak berjalan kaki, turun naik tangga, berkebun, dan membersihkan rumah.

3. Menjaga Porsi Makanan

Langkah selanjutnya untuk mencegah diabetes adalah menakar porsi makan sehari-hari. Apalagi jika anda terbiasa makan dengan porsi banyak. Makan dengan porsi berlebih bisa membuat anda mengkonsumsi lebih banyak kalori. Ini bisa mengakibatkan kenaikan berat badan dan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Menggunakan piring kecil bisa menjadi salah satu cara menjaga porsi makan dalam rangka mencegah diabetes. Makan dengan piring kecil membuat anda secara tidak sadar harus mengurangi porsi makan lebih sedikit dari biasanya.

4. Memperhatikan Asupan Karbohidrat dan Gula

Glukosa yang mempengaruhi kadar gula darah merupakan hasil pemecahan dari karbohidrat. Sebagai cara mencegah diabetes, anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks Sebagai cara mencegah diabetes, anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah.

Anda juga perlu memperhatikan asupan gula setiap harinya. Asupan gula harian sering berlebih karena konsumsi gula tambahan yang dicampurkan kedalam makanan dan minuman. Konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, akan memicu masalah metabolisme, Mengganggu proses produksi insulin serta memicu kegemukan atau obesitas.

Baca juga: Jukut Undis, Sayur Nikmat Khas Bali Yang Mencegah Diabetes

5. Berhenti Merokok

Berhenti merokok juga dapat membantu anda mencegah diabetes. Faktanya, diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh perokok. Dalam studi pada Journal Of The American Association menganalisa beberapa penelitian besar mengenari rokok dan diabetes.

Perokok aktif memiliki terkena diabetes 44% lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Risiko tersebut meningkat sebanyak 61% jika anda merokok lebih dari 20 batang per hari.

Jika anda perokok aktif, tidak ada cara yang lebih ampuh untuk mencegah diabete selain berhenti merokok. Meski terlihat sulit, anda bisa memulainya pelan-pelan.

6. Konsumsi Suplemen Mineral

Cara lain untuk mencegah diabetes adalah mengkonsumsi Suplemen Mineral, seperti kromium dan magnesium. Kedua mineral ini diketahui dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Kromium berperan dalam proses metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Sementara itu, magnesium merupakan mineral yang berperan sebagai reseptor jaringan dalam proses penyerapan glukosa. Tindakan pencegahan diabetes sangat penting dilakukan sedini mungkin mengingat penyakit ini dapat menyerang siapa saja.

7. Mengurangi Konsumsi Makanan Manis

Mencegah makan makanan manis bisa menjadi cara jitu untuk mencegah diabetes. Makan manis terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Bagi anda yang menyukai makanan manis, anda bisa membatasi porsinya.

Keinginan untuk makan manis, biasanya timbul ketika anda sedang stres atau bad mood. Dengan mengkonsumsi makanan manis, kebanyakan orang berasumsi suasana hati akan lebih baik.

Jadi, carah mencegah diabetes untuk pecinta makanan manis bisa dilakukan dengan mengelola stres dengan baik. Daripada anda mengkonsumsi makanan manis, anda bisa melakukan kegiatan bermanfaat yang mengurangi stres seperti membaca buku, berolahraga, dan lain-lain.***

You may also like

Tinggalkan Komentar