Home LifestyleKesehatan Belerang atau Sulfur Bukan semata untuk Kesehatan Kulit

Belerang atau Sulfur Bukan semata untuk Kesehatan Kulit

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Belerang atau yang disebut juga dengan sulfur adalah jenis mineral yang paling berlimpah ketiga di dalam tubuh.

Maka, belerang mempunyai peran penting dalam tubuh untuk sintesis protein tertentu. Misalnya, belerang diperlukan untuk sintesis glutathione, yang bertindak sebagai antioksidan kuat, melindungi sel-sel dari kerusakan.

Dari dahulu, belerang sudah terkenal punya manfaat untuk perawatan dan kecantikan kulit. Tapi, ada juga manfaat belerang lainnya yang bisa diperoleh, seperti berikut ini:

1. Mengobati jerawat

Manfaat belerang yang pertama adalah dapat mengobati jerawat. Cara kerja belerang dalam mengobati jerawat mirip dengan asam salisilat, dan benzoil peroksida yang biasa ditambahkan dalam obat jerawat. Tapi tidak seperti dua bahan tersebut, belerang lebih lembut untuk kulit.

Berdasarkan hasil penelitian, belerang ampuh dalam memerangi jerawat sedang, yang meradang dan jenis komedonal. Namun, tidak pada jerawat yang sudah parah atau tipe kistik yang bermasalah. Maka, bisa dipilih obat jerawat  yang mengandung belerang dan resorsinol.

Selain itu, belerang juga membantu menyerap minyak berlebih (sebum) yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Anti ketombe

Belerang telah disetujui oleh organisasi pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam produk untuk mengatasi ketombe yang dapat dijual bebas.

Penggunaan belerang sebagai anti ketombe kerap dikombinasikan dengan asam salisilat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sampo yang mengandung belerang dan asam salisilat bisa mengurangi ketombe.

3. Mengobati rosacea

Rosacea adalah sebuah gangguan kulit pada wajah yang ditandai kulit kemerahan dan bintik yang mirip seperti jerawat. Kondisi ini menyebabkan lapisan kulit menebal, dan pembuluh darah terlihat dan bengkak.

Mengoleskan krim yang mengandung belerang ke wajah sekali selama 8 minggu dapat mengurangi rosacea.

Ini juga dijelaskan dalam sebuah penelitian  pada 2004, bahwa losion atau pembersih yang mengandung sulfur dapat membantu meningkatkan manfaat terapi topikal dan oral lainnya untuk rosacea.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, sulfur organik dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan. Sulfur membantu sel-sel dalam lapisan usus beregenerasi dengan cepat.

Belerang juga mengurangi peradangan dan pembengkakan di usus dan kerongkongan, menenangkan GERD.

5. Mengatasi alergi

Suplemen MSM dapat membantu meringankan gejala alergi, menurut sebuah studi yang lebih tua yang diterbitkan dalam Journsl of Alternative and Complementary Medicine  pada 2002. Menemukan bahwa mereka yang menggunakan suplemen MSM mengalami peningkatan signifikan dalam gejala alergi yang menyangkut pernapasan.

6. Penyakit alzheimer

Menurut sebuah hasil riset  pada pasien dengan penyakit alzheimer awal, mereka sangat kekurangan sulfur, sedangkan pasien dengan stadium penyakit yang lebih lanjut hampir sepenuhnya kekurangan.

Dalam laporan juga dijelaskan bahwa suplemen belerang berpotensi tidak hanya mencegah, tetapi juga memulihkan kondisi, asalkan alzheimer tidak berkembang ke tahap di mana telah banyak kerusakan terjadi pada otak.

7. Pencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah permasalahan tulang yang sering dialami oleh orang lanjut usia, terutama pada wanita.

Mengonsumsi sulfur organik membantu sel-sel dalam darah, tulang, dan sumsum menghasilkan dan meregenerasi jaringan sehat, untuk menghindari kerapuhan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

8. Mengatasi rambut rontok

Punya masalah rambut rontok? Kalau iya, musti dicoba menggunakan sulfur organik. Sebab sulfur organik adalah salah satu cara terbaik untuk membuat rambut kamu lebih kuat, lebih tebal, lebih berkilau, dan mengatasi rambut rontok.

Belerang membantu mengatasi, sel-sel yang tidak sehat mulai memproduksi keratin, kolagen, dan pigmen, tiga hal yang sangat penting untuk kesehatan rambut.

Itulah berbagai manfaat belerang untuk kesehatan. Namun, bukan berarti belerang bisa digunakan sebagai obat utama,. Tetap harus berhati-hati karena jika tidak cocok, belerang bisa membuat gatal-gatal.

Makanan yang Kaya Unsur Sulfur

Sebagai suplemen, belerang ditemukan dalam bentuk dimethyl sulfoxide (DMSO) dan methylsulfonylmethane (MSM).

Unsur belerang juga ditemukan dalam beberapa jenis makanan atau sulfur organik.

Ada sederet makanan yang kaya akan kandungan sulfur.

1.Telur

Tak hanya kaya akan protein, telur juga kaya akan kandungan sulfur yang sebagian besarnya ada di bagian putih telur.

Mengonsusmi satu butir telur rebus bisa mendapatkan jumlah maksimal mineral ini.

2.Bawang merah dan putih

Bawang merah, bawang putih dan daun bawang termasuk dalam jenis sayuran allium.

Sayuran allium ini mengandung senyawa organik seperti sulfur yang menghambat pembentukan sel kanker di usus besar, paru-paru dan kerongkongan.

3. Biji kenari

Biji kenari adalah salah satu makanan yang paling dikenal bermanfaat untuk otak.

Biji kenari ini kaya akan sulfur dan mineral penting lainnya untuk menurunkan kolsterol dan memperbaiki metabolisme serta mencegah diabetes.

4.Seafood

Makanan laut seperti kerang, lobster, kepititng semuanya kaya akan sulfur.

Tapi bagi mereka yang alergi terhadap makanan laut ini bisa beralih ke daging sebagai pilihan lain.)

5.Kacang polong

Kacang polong adalah sumber dulfur atau belerang yang sangat baik.

Kacang-kacangan ini membantu menjaga kesehatan kulit dan melestarikan sel tubuh.***