Home Lifestyle 8 Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Anda Coba

8 Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Anda Coba

oleh Hana Chaniago
kuliner khas cirebon

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Kuliner Cirebon sangat beragam. Sebut saja Empal Gentong yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Tidak salah jika kuliner khas Cirebon ini cukup mudah untuk ditemukan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Tapi jangan salah, masih banyak kuliner khas Cirebon yang tentunya enak dan murah yang wajib anda coba jika berlibur ke Cirebon. Apalagi beberapa kuliner khas Cirebon bisa terbilang unik, karena lokasinya ada di perbatasan
Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kira-kira apa saja kuliner khas Cirebon yang harus anda coba? Berikut yang sudah Faktualid.com rangkum dari blog.reservasi.com

1. Nasi Jamblang

Kuliner khas Cirebon pertama yang wajib anda coba adalah Nasi Jamblang. Kurang pas rasanya jika anda melakukan wisata ke Cirebon tidak mencicipi Nasi Jamblang ini. Nasi Jamblang punya ciri khas sendiri dengan bungkusan daun jati. Berbeda dengan Nasi Liwet asal sunda yang dibungkus dengan daun pisang.

Penikmat Nasi Jamblang biasanya diberikan beberapa pilihan lauk. Seperti ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe ayam goreng, dan yang paling khas nya adalah tumis cumi hitam dan paru goreng yang renyah. Makanan khas Cirebon ini dijual dengan harga lauk yang terjangkau. Mulai dari Rp.2.000 hingga Rp.20.000.

2. Nasi Lengko

Kuliner khas Cirebon kedua yang wajib anda coba adalah Nasi Lengko. Jika anda sudah pernah mencoba nasi pecel, pasti akan menganggap Nasi Lengko ini adalah nasi pecel khas Cirebon. Nasi Lengko disajikan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, dan potongan tahu tempe.

Ciri khas Nasi Lengko sendiri yaitu disiram dengan kuah bumbu kacang yang menjadi favorit para pecinta kuliner pedas.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner Bali Yang Wajib Anda Coba

3. Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon ketiga yang wajib anda coba adalah Empal Gentong. Empal Gentong menjadi salah satu kuliner favorit khas Cirebon. Makanan ini disajikan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya juga sangat berbeda karena dipanaskan menggunakan kayu bakar.

Kuah kuning Empal Gentong sangat nikmat jika disantap dengan keadaan panas. Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Biasanya Empal Gentong juga disajikan dengan daging sapi pilihan dan juga jeroan.

Beberapa jeroan yang bisa dipilih sebagai isian Empal Gentong seperti babat, usus, limpa, paru dan tentu saja dengan daging sapi yang lembut. Harga empal Gentong pun juga sangat ramah di kantong, mulai dari Rp.17.000 hingga Rp.22.000

4, Empal Asam

Kuliner khas Cirebon keempat yang wajib anda coba adalah Empal Asam. Berbeda dengan Empal Gentong yang rasanya gurih dan segar, Empal Asam memiliki rasa yang sama dengan namanya. Meskipun disebut Empal Asam, tetapi masih ada rasa gurih yang tersisa di lidah.

Salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan Empal Asam yaitu belimbing wuluh. Kuliner khas cirebon ini satu porsinya hanya sekitar Rp. 23.000

5. Tahu Gejrot

Kuliner khas Cirebon kelima yang wajib anda coba adalah Tahu Gejrot. Tahu Gejrot ini sudah sangat populer di Jakarta. Beberapa pedagang menjajakan Tahu Gejrot ini dengan berkeliling menggunakan sepeda. Di bagian belakang gerobaknya tersaji tahu-tahu yang sudah digoreng.

Cara penyajiannya pun cukup unik, karena biasa disajikan dengan cobek yang terbuat dari tanah liat. Kuah tahu gejrot ini biasanya memiliki rasa asam, manis, dan sedikit gurih.

Baca juga: Nikmatnya Nikmati Kuliner Legendaris Jakarta saat HUT Ibukota

6. Bubur Ayam Cirebon

Kuliner khas Cirebon keenam yang wajib anda coba adalah Bubur Cirebon. Bubur Cirebon ini khas dengan kuah kaldunya yang berwarna kuning dan gurih. Sudah pasti beraneka ragam sate jeroan menjadi lauk pendamping untuk makan bubur ini.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan Bubur Cirebon ini di kota besar. Karena hampir di setiap sudut jakarta sudah dipenuhi pedagang Bubur Cirebon.

7. Rujak Kangkung

Kuliner khas Cirebon ketujuh yang wajib anda coba adalah Rujak Kangkung. Kuliner ini ternyata cukup terkenal di beberapa kota lain, seperti Brebes, Tegal, dan juga Kuningan. Rujak kangkun ini menggunakan kangkung yang sudah direbus.Lalu disiram dengan bumbu rujak yang sudah dicampur dengan terasi khas Cirebon.

8. Tahu Kuningan

Kuliner khas Cirebon terakhir yang wajib anda coba adalah Tahu Kuningan. Tahu kuningan ini cukup terkenal di kota udang ini. Tahu ini hampir menyerupai tahu sumedang. Warnanya coklat dengan tekstur kulit yang kasar.

Perbedaan dengan tahu sumedang adalah tingkat kepadatan Tahu Kuningan, tidak kosong seperti Tahu Sumedang. Tahu Kuningan ini paling pas jika disantap dengan cabai rawit atau sambal kecap.***

Tinggalkan Komentar