Home Lifestyle 5 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Menurunkan Sel Kanker

5 Manfaat Madu Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Menurunkan Sel Kanker

oleh Hana Chaniago

manfaat madu hijau

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat madu hijau? Belakangan ini, madu hijau sempat viral di Indonesia dan Malaysia. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain warnanya yang unik karena berwarna hijau, madu ini juga terkenal memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit lambung.

Warna madu hijau bukan dari pewarna mekananan, melainkan campuran beberapa ekstrak daun seperti:

  • Daun saga
  • Daun kelor
  • Spirulina
  • Daun Sirih

Berikut beberapa manfaat madu hijau yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan

Manfaat madu hijau yang pertama adalah dapat mengobati batuk dan radang tenggorokan. Dilansir dari Benefits of Honey, pada studi yang dilakukan terhadap 110 anak yang diberikan madu hijau dengan dosis tertentu.

Ternyata manfaatnya setara dengan pemberian dosis dekstrometorfan yang dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Baca juga: 10 Manfaat Madu Kelulut bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Peradangan

2. Menurunkan Sel Kanker

Manfaat madu hijau yang kedua adalah berpotensi menurunkan sel kanker. Madu memiliki senyawa aktif yang bersifat antikanker. Penyakit kanker terjadi akibat sel-sel tubuh menjadi abnormal yang tumbuh tanpa kendali dan tidak mati. Akibatnya, sel menumpuk dan membentuk tumor.

Senyawa aktif pada madu dapat mencegah poliferasi sel dan merangsang apoptosis. Porifera sel adalah siklus pembelahan sel, saat sel membelah menjadi 2 turunan. Sementara, apoptosis adalah program yang memerintahkan sel untuk mati.

3. Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat madu hijau yang ketiga adalah membantu mengatasi diabetes. Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang.

Dilansir dari Healthline, bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu yang baru didiagnosa diabetes.

Karena rasanya cenderung pahit, saat ini anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk madu. Orang yang memiliki penyakit diabetes menunjukan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Kendati demikian, daun sirih dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi dam membantu mengatasi diabetes.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat madu hijau yang keempat adalah dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya:

  • Serangan jantung.
  • Stroke.
  • Gagal ginjal.

Namun, saat ini sudah banyak alternatif pengobatan yang dapat meningkatkan kesehatan, tidak terkecucali pada penderita tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi madu hijau yang mengandung spirulina.

Penelitian dari National Autonomous Univeristy of Mexico menyatakan bahwa adanya manfaat spirulina lainnya yang berguna untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sebab, jenis tumbuhan ini mampu menurunkan kadar tekanan darah dengan rutin mengonsumsi 4,5 gram spirulina selama 6 minggu.

5. Mengobati Disentri

Manfaat madu hijau yang kelima adalah mengobati disentri. Disentri merupakan adanya infeksi atau radang pada usus yang menyebabnya diare. Jika tidak segera diobati, disentri akan mengakibatkan dehidrasi yang busa berubah menjadi kondisi yang gawat.

Penyembuhan disentri pada saluran pencernaan akan lebih cepat dengan adanya kandungan antibakteri yang ada pada akar bajakah.

Dengan mengonsumsi madu hijau, pengidap disentri dapat sembuh lebih cepat. Hal ini terjadi karena kadnungan antibakteri yang dapat memulihkan saluran pencernaan yang mengalami peradangan.***

You may also like