Connect with us

Internasional

Rusia Desak Hentikan Program Militer-Biologis AS di Ukraina

Avatar

Diterbitkan

pada

Kepala Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia, dan Biologis Rusia Igor Kirillov. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Operasi aktif Kementerian Pertahanan Rusia membuat penerapan program militer-biologis Washington di tanah Ukraina terhambat, kata Kepala Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia, dan Biologis Rusia Igor Kirillov pada hari Senin.

“Berkat operasi aktifnya, Kementerian Pertahanan Rusia berhasil menghentikan implementasi program militer-biologis di tanah Ukraina,” katanya dalam pengarahan tentang analisis dokumen tentang aktivitas militer-biologis AS.

Dalam situasi ini, Pentagon sedang terburu-buru untuk mentransfer semua proyek penelitian Ukraina yang belum selesai ke negara-negara Asia Tengah dan Eropa Timur. Secara bersamaan, itu meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Afrika dan Asia-Pasifik seperti Kenya, Singapura, dan Thailand, katanya.

Peserta Program

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pertahanan Rusia membocorkan nama-nama peserta program militer-biologis, di antaranya adalah anggota Partai Demokrat AS, staf Pentagon dan kontraktornya, ungkap Kirillov.

Advertisement

“Dari laporan DTRA [Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan], kami telah menerima informasi baru tentang tokoh kunci dari apa yang disebut proyek Ukraina yang tetap berada dalam bayang-bayang sampai sekarang,” katanya.

“Di antara mereka adalah Karen Saylors, direktur eksekutif Labyrinth Global Health dan mantan direktur Metabiota di Afrika Tengah. Sejak 2016, Saylors bekerja di Ukraina sebagai konsultan terkemuka untuk proyek UP-10 yang berfokus pada studi penyebaran demam babi Afrika ,” kata Kirilov.

Tokoh lainnya adalah Colin Johnson, staf Universitas Negeri Tennessee dan direktur Institut Interaksi Host-Pathogen, jelasnya.

“Sebagai pengawas proyek UP-8 untuk mempelajari area agen demam berdarah Krimea-Kongo dan Hantavirus di Ukraina, Johnson bertanggung jawab atas proses pengambilan sampel biologis dari personel militer Ukraina dan memastikan interaksi pelanggan Amerika dengan Pusat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Ukraina,” kata Kirillov. “Lewis Von Thaer adalah presiden dan direktur eksekutif Battelle, kontraktor besar untuk Pentagon dan Departemen Energi AS,”sambungnya.

“Sejak tahun 2003, perusahaan mengawasi proyek penelitian di tanah Ukraina terkait dengan infeksi zoonosis,” kata kepala pasukan perlindungan radiasi, kimia dan biologi Rusia. “Semua materi yang diterima akan diserahkan ke Komite Investigasi Rusia untuk mengambil langkah-langkah membawa para pelaku ke pengadilan,” jelasnya. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement