Connect with us

Ekonomi

Total Transaksi Blangkon Jateng Mencapai Rp15 Miliar

Avatar

Diterbitkan

pada

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Sejak diluncurkan 2021 lalu, program Belanja Langsung Toko Online Jawa Tengah atau disebut ‘Blangkon Jateng’ telah meraih transaksi sebear Rp15 Miliar. Sedang Jumlah UMKM yang bergabung 2.448 penyedia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati, menyebut Blangkon Jateng bisa digunakan seluruh Kabupaten/Kota. Hingga kini yang sudah bergabung 18 Kabupaten/Kota, dimana 10 di antaranya sudah bertransaksi.

“Sebagai upaya mendorong UMKM agar bergabung, kita juga menggelar pelatihan dan pendampingan UMKM calon penyedia barang dan jasa untuk upload produk. Sudah 500 UMKM kita latih,” kata Ema, Jumat (25/3/2022).

Selain itu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Koperasi dan UKM, Kabupaten/Kota juga diwajibkan melakukan pelatihan dan pendampingan. Sehingga UMKM-nya bergabung ke Blangkon Jateng.

“Kabupaten/Kota lain masih on going proses. Intinya semua kita wajibkan bergabung ke Blangkon Jateng,” tandas Ema.

Advertisement

Sekadar informasi, aplikasi Blangkon Jateng merupakan internalisasi perubahan budaya kerja menuju digitalisasi pengadaan barang/jasa. Tujuannya untuk memudahkan dan perluasan usaha kepada UMKM dan Koperasi dalam pasar pengadaan barang/jasa pemerintah hingga menjadikan pengadaan lebih inklusif, transparan dan akuntabel.

E-Katalog tersebut dapat diakses melalui situs blangkonjateng.jatengprov.go.id. Dalam aplikasi tersebut, penggunaannya cukup mudah. Seluruh transaksi juga dapat dilihat.

Tertera dalam aplikasi, saat ini total penyedia atau UMKM yang bergabung jumlahnya 2.448 penyedia di antaranya 1.244 non badan usaha dan 1.205 badan usaha. Total produk tayang 55.082 produk.

Jumlah transaksi, bisa dilihat dalam opsi transaksi vendor, mencapai Rp15 Miliar. Transaksi terbanyak berdasarkan kategori adalah katering makanan dengan nilai Rp4 Miliar.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca