Connect with us

Ekonomi

Gibran Ajukan Pembangunan Ring Road ke KemenPUPR

Avatar

Diterbitkan

pada

Underpass Mahamhaji Kartasura kembali diperbaiki setelah berulangkali mengalami kerusakan. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun jalan lingkar atau ring road. Menyusul terus rusaknya jalan underpass Makamhaji, Sukoharjo karena sering dilewati angkutan berat.

Jalur tersebut merupakan jalur alternatif menuju Kota Solo. Saat ini jalan di bawah rel kereta api tersebut tengah diperbaiki, tetapi selanjutnya, angkutan berat tidak diperbolehkan lewat jalur tersebut.

“Untuk solusib agar jalan undeepass tidak rusak terus ya dibangun jalur lingkar  saya kemarin sudah bersurat ke Pak Menteri PUPR untuk membangun ring road,” jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (4/3/2022).

Menurut Gibran, wacana pembangunan ring road tersebur sebenarnya sudah lama. Bahkan sejak zaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Solusinya ring road itu, nanti saya follow up lagi ya untuk ring roadnya, harapannya bisa terwujud. Karena bisa mengurangi kemacetan, mengurangi masuknya angkutan berat itu yang cuma mampir,” jelasnya lagi.

Advertisement

Jalan underpass Makamhaji tersebut sering mengalami kerusakan. Beberapa kali diperbaiki, tetapi kerusakan terus berulang. Selain karena gerusan air hujan, juga disebabkan karena banyaknya angkutam berat yang melewati jalur tersebut.

“Membuat jalan berubang, ada beberapa ruas jalan yang di aspal rusak lagi, diaspal rusak lagi,” katanya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menegaskan mulai tanggal 8 Maret 2022, kendaraan berat dilarang melewati underpass Makamhaji. Menurut Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sri Buntoro pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas dan Dishub Kota Solo serta Kabupaten Klaten. Jalur tersebut saat ini masih ditutup hingga tanggal 7 Maret mendatang karena masih dalam perbaikan. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca