Connect with us

Ekonomi

Optimalkan Layanan Pelanggan di Pelabuhan, Pelindo Solusi Digital Hadirkan Single Billing PRAYA

Avatar

Diterbitkan

pada

PRAYA sebagai produk Single Billing untuk memanjakan pelanggan. (ist)

FAKTUAL–INDONESIA: Pelindo Solusi Digital sebagai IT Provider Pelabuhan membawa solusi digital kepelabuhanan yakni PRAYA sebagai produk Single Billing.

PRAYA (Billing & ePayment System) merupakan aplikasi untuk menangani aktivitas permintaan layanan, pembayaran dan nota pada pelayanan kapal, petikemas, dan non petikemas yang terintegrasi dengan sistem operasi dan sistem perbankan. Solusi digital seperti PRAYA yang dibawa oleh Pelindo Solusi Digital merupakan langkah inovatif dalam mengoptimalkan operasi kepelabuhanan.

Sistem ini terintegrasi dalam bentuk mobile dan aplikasi web, memberikan kemampuan untuk Pelayanan Terpadu, Real-time Monitoring, dan Kemudahan Akses melalui Mobile dan Aplikasi Web yang dilengkapi dengan notifikasi untuk pengguna.

PRAYA sebagai produk Single Billing untuk memanjakan pelanggan. (ist)

PRAYA sebagai platform tunggal memiliki sejumlah keunggulan dalam penyediaan solusi digital di pelabuhan:

1. Implementasi Multi-situs/Multi-penyewa: Kemampuan untuk diimplementasikan di berbagai lokasi atau pelabuhan yang berbeda dengan berbagai pihak yang menggunakan layanan tersebut. Hal ini memungkinkan adaptasi yang luas dalam konteks berbagai infrastruktur dan skenario penggunaan yang berbeda.

2. Penanganan Proses Logistik End-to-End: Mulai dari pemilik kargo hingga melacak pergerakan kargo di terminal, menawarkan visibilitas lengkap dan pemantauan keseluruhan proses logistik. Dengan demikian, dapat mempermudah koordinasi dan pengawasan dari awal hingga akhir dalam rantai pasok.

Advertisement

3. Akses Fleksibel dan Efektif: Ketersediaan akses di mana saja dan kapan saja memberikan kemudahan bagi pengguna layanan. Mereka tidak perlu secara fisik pergi ke situs penagihan atau lokasi tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi permintaan layanan.

Dengan fokus pada integrasi, visibilitas, dan kemudahan akses, PRAYA memiliki potensi untuk mengoptimalkan operasi logistik di pelabuhan, meminimalkan hambatan, dan meningkatkan keterlibatan lintas platform bagi berbagai pemangku kepentingan dalam rantai pasok logistik.

Fitur-fitur yang disediakan oleh PRAYA memperkuat fungsionalitas platformnya dalam menangani berbagai aspek logistik di pelabuhan.

Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing fitur:

1. Order Management
Melakukan permintaan layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi pelabuhan.

Advertisement

2. Tarif Configuration
Konfigurasi terhadap tarif yang dapat dilakukan langsung oleh end user dengan mengakomodir banyak parameter.

3. ePayment (H2H & Autocollection)
Menyediakan beberapa channel atau metode pembayaran secara elektronik yang terintegrasi dengan perbankan

4. Terminal Configuration
Melakukan konfigurasi terminal sesuai dengan layanan yang diberikan

5. Track & Trace
Tracking posisi layanan secara end to end.

PRAYA memberikan sejumlah manfaat bagi pelanggan (customer) dalam konteks efisiensi dan akurasi data yakni, Efisiensi Proses Permintaan Layanan dengan cara meningkatkan efektivitas waktu permintaan layanan penanganan kargo dengan menyediakan fitur-fitur yang mudah diakses dan memungkinkan pengguna jasa melakukan aktivitas aplikasi layanan secara mandiri melalui website atau mobile application. Serta, Meningkatkan Akurasi Data dan Transaksi sehingga pengguna dapat menikmati keakuratan data yang tinggi melalui pencatatan secara digital dan real time sehingga meningkatkan tingkat transparansi layanan. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca