Connect with us

Teknologi

5 Cara Menjaga Keamanan Saat Menggunakan Internet, Penting Dipahami!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menjaga keamanan saat menggunakan internet

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sudah tidak dipungkiri, saat ini kita sangat membutuhkan jaringan internet untuk mempermudah akses kehidupan. Meski lebih mudah untuk mengakses informasi, tapi bisa saja jaringan internet tidak cukup aman dari kebocoran data. Jika demikian, penting untuk mengetahui cara menjaga keamanan saat menggunakan internet.

Tanpa disadari, para pengguna kerap teledor atau masa bodo sehingga bisa memudahkan para peretas (hacker) untuk beraksi terhadap ponsel atau laptop. Terlebih belakangan ada berita kebocoran data yang membuat kita harus berhati-hati saat menggunakan internet.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan keamanan jaringan internet terhindar dari peretasan atau pencurian data. Lantas, bagaimana cara menjaga keamanan saat menggunakan internet?

Baca juga: 5 Cara Cek Data Pribadi Bocor di Internet, Ketahui Sebelum Diretas

Berikut beberapa cara menjaga keamanan saat menggunakan internet yang telah faktualid.com rangkum dari Antara dan sumber lainnya.

1. Manfaatkan password manager

Cara menjaga keamanan saat menggunakan internet yang pertama yaitu memanfaatkan aplikasi manajer kata sandi (password manager) untuk menyimpan semua kredensial akun. Aplikasi seperti ini berguna jika pengguna memiliki banyak akun di platform digital antara lain supaya bisa mengingat kata sandi setiap akun.

Advertisement

2. Aktifkan fitur keamanan berlapis

Saat ini, banyak penipuan atau pencurian data yang menyalahgunakan data pribadi seseorang untuk meraup keuntungan yang merugikan orang lain. Untuk itu, selalu menyalakan fitur keamanan berlapis atau two-factor authentication, terutama untuk akun-akun yang penting.

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan diminta memasukkan kode ketika masuk (login) sebuah akun, biasanya kode tersebut dikirimkan ke email atau SMS. Dengan fitur ini, pengguna harus melewati setidaknya dua tahap ketika masuk ke sebuah akun.

3. Jangan sembarangan menggukan WiFi

Cara menjaga keamanan saat menggunakan internet berikutnya yaitu tidak menggunakan WiFi sembarangan. Jika terpaksa menggunakan WiFi yang tidak dikenal, disarankan menggunakan VPN untuk melindungi data yang ditransmisikan dalam aktivitas tersebut.

Baca juga: Kata “Sayang” Jadi Kata Sandi Umum yang Digunakan Orang Indonesia dan Malaysia

4. Gunakan kata sandi berbeda dan sulit ditebak

Saat ini, banyak aplikasi atau platform yang membutuhkan kata sandi atau pin untuk mengamankan suatu akun. Namun, banyak orang yang menyematkan kata sandi yang mudah ditebak dan Jangan gunakan satu kata sandi untuk berbagai akun.

Disarankan terapkan kata sandi yang unik untuk setiap akun sebagai cara menjaga keamanan saat menggunakan internet. Jangan gunakan satu kata sandi untuk berbagai akun. Cobalah pakai kombinasi password yang baik yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus.

Advertisement

Berdasarkan survei perusahaan keamanan Hive Systems, kata sandi sembilan karakter yang hanya menggunakan huruf kecil bisa diretas dalam 10 detik. Sedangkan kata sandi 10 karakter yang memiliki huruf kapital, huruf kecil, angka dan simbol bisa membuat peretas menghabiskan waktu 5 bulan untuk menembusnya.

5. Jangan klik link sembarangan

Cara menjaga keamanan saat menggunakan internet yang terakhir adalah jangan meng-klik sembarang link. Biasanya, situs tersebut ada iming-iming pulsa gratis atau hal lainnya sehingga seseorang bersedia memasukkan nama dan nomor ponselnya di form yang telah disediakan yang merupakan situs scam.

Bahkan, beberapa link tidak perlu memasukan data apapun. Dengan mengklik link tersebut, sama aja Anda telah memberikan akses orang lain untuk masuk kea kun Anda. Modus seperti ini dianggap cara paling mudah dan murah untuk menyebarkan informasi dengan tujuan melakukan penipuan.***

Baca juga: Kominfo Ingatkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi

Advertisement
Lanjutkan Membaca