Home Politik Roro Esti Berharap Keterwakilan Perempuan di DPR Terpenuhi

Roro Esti Berharap Keterwakilan Perempuan di DPR Terpenuhi

oleh Marpi
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri dari Fraksi Partai Golkar. (Ist).

Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri dari Fraksi Partai Golkar. (Ist).

FAKTUALid – Keterwakilan perempuan di lembaga wakil rakyat DPR hingga kini belum terpenuhi. Merujuk kepada Undang Undang Nomor 12 Tahun 2004 tentang Pemilu, kuota perempuan di DPR adalah 30 persen.

Hingga kini, jumlah perempuan yang menjadi wakil rakyat baru 21,39 persen atau 123 orang. Jadi masih kurang 8,51 persen lagi agar target tersebut tercapai.

Politisi muda Dyah Roro Esti Widya Putri dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (11/7/2021) menyebutkan, ada beberapa keunggulan kalau banyak politisi perempuan di Senayan. Salah satunya adalah kecenderungan para perempuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, hingga merumuskan kebijakan yang sifatnya long term yang langsung berdampak pada para generasi penerus bangsa.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi VII DPR tersebut saat acara Roro Talks dengan tema “Woman in Politics” melalui fitur IG Live Instagram.

Mengangkat isu SDG 5: Kesetaraan Gender, dalam talkshow ini, Roro Esti berdiskusi dengan Anggota Komisi X DPR RI Krisdayanti dan politisi muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas.
Roro Esti mencontohkan RUU Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang saat ini dibahas di komisinya diharapkan dapat menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

“Ada tiga poin, pertama, perempuan punya kecenderungan untuk mendorong equal rights. Kedua, perempuan mempunyai kecenderungan mendorong kebijakan yang bersifat long term. Dan, yang terakhir, perempuan mempunyai kecenderungan menggunakan hati dan memiliki sensitivitas untuk memperjuangkan dan menjalankan tugasnya,” ujar politisi muda Partai Golkar tersebut. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar