Connect with us

Politik

Terbaru, PPP Putuskan Petugas Partai PDIP Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Plt Ketua Umum DPP PPP H Muhammad Mardiono mengumumkan PPP memutuskan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 di DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023)

Plt Ketua Umum DPP PPP H Muhammad Mardiono mengumumkan PPP memutuskan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 di DI Yogyakarta, Rabu (26/4/2023)

FAKTUAL-INDONESIA: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya memutuskan mengusung petugas partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai bakal calon presiden (Capres) untuk pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024.

Demikian diumumkan oleh  Plt Ketua Umum DPP PPP H Muhammad Mardiono dalam Rapimnas PPP yang digelar di kediamannya di Jalan Pelem Raya, Harjobinangun, Pakem, DIY pada Rabu (26/4/2023).

“PPP memutuskan Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pilpres 2024,” ujar Mardiono.

Keputusan PPP mengusung kader PDIP yang Gubernur Jawa Tengah itu sudah disuga sebelumnya karena menurut Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengakui, sosok Ganjar Pranowo mendapatkan dorongan paling kuat untuk diusung sebagai calon presiden (capres) oleh kader partainya.  Sebab, mayoritas DPW PPP mengusulkan Gubernur Jawa Tengah itu untuk menjadi bakal RI-1 dari PPP. Hal itu tampak dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP yang berlangsung di Yogyakarta, Selasa (25/4/2023).

“Maka, tak heran jika arahnya memang ke GP (Ganjar Pranowo),” ungkap Arsul saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Advertisement

Ia mengatakan, usulan para pemimpin wilayah diambil setelah mereka melakukan rapimwil atau mukerwil yang diikuti oleh berbagai cabang di provinsi masing-masing. Dinamika Rapimnas di Yogyakarta pun berjalan dengan baik karena DPP PPP memberikan kesempatan dan mengakomodasi masukan dari tiap DPW.

“Masing-masing struktur di tingkat wilayah atau provinsi atau cabang atau kabupaten kota diberi keleluasaan untuk menyampaikan aspirasinya terkait bacapres dan bacawapres,” sebut dia. “Semuanya kami perdebatkan dan musyawarahkan di rapimnas di Yogya kemarin, pada akhirnya memang harus mengerucut dan diputuskan satu nama,” papar dia.

Terakhir, Arsul meminta agar semua kader tetap solid setelah pengumuman capres dilakukan. Ia berharap tak ada yang kecewa karena usulan capresnya tak dipilih oleh DPP PPP.

“Jangan sampai soal pilpres kemudian membelah partai, yang pada akhirnya menjadikan kinerja pilegnya tidak maksimal,” imbuh dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Yunus Razak juga telah menyampaikan bahwa Ganjar banyak diusulkan sebagai capres dari PPP dalam Rapimnas di Yogyakarta.

Advertisement

“Ganjar memiliki preferensi yang kuat untuk diusung PPP baik secara historis maupun kesamaan visi membangun bangsa dan umat,” pungkasnya.

Diketahui setelah resmi diusung sebagai capres oleh PDI-P, Jumat (21/4/2023), Ganjar juga telah mendapatkan dukungan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang mendeklarasikannya pada Sabtu (22/4/2023).

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengeklaim bahwa pengumuman capres dari PDI-P bakal menggerakkan bandul politik Tanah Air. Ia menyebutkan, banyak parpol telah membuka komunikasi dengan PDI-P pasca-penetapan Ganjar sebagai bakal RI-1 dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement