Connect with us

Olahraga

Malaysia Protes Jadwal APG Mundur, Gibran Katakan Yang Akan Rugi Dia Sendiri

Avatar

Diterbitkan

pada

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebit jadwal APG sudah pasti. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 yang sedianya akan digelar di Kota Solo, Jawa Tengah pada 20-31 Juli 2022,  diundur seminggu dari jadwal semula.

Jadwal  pesta olahraga atlet disabilitas Asia Tenggara tersebut digeser untuk mendekati perayaan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus. Tetapi,mundurnya jadwal APG, disambut protes dari tim negara Malaysia.

“Kalau Malaysia keberatan kan sing rugi deke dewe to (yang rugi dia sendiri),” ujar Gibran yang juga Wali Kota Solo itu, Rabu (13/4/2022).

Alasan keberatan Malaysia dengan mundurnya jadwan APG karena jadwal yang baru bersamaan dengan jadwal pelaksanaan Commonwealth Games di Birmingham tanggal 8 Agustus mendatang.

“Kalau alasannya bertumbukan jadwalnya, Singapura juga ikut Commonwealth Games jadi sama saja. Tapi kalau Singapura dibagi dua, ada yang berangkat ke Solo dan ada yang berangkat ke Birmingham,” jelasnya.

Advertisement

Menurut Gibran, seharusnya Malaysia juga seperti Singapura dengan membagi dua tim. Untuk jadwal APG Solo 2022, Gibran mengatakan hal itu sudah tetap. Karena sudah mendapatkan persetujuan dari semua pihak.

“Mundur seminggu tok, kalau Malaysia gak ikut yang rugi dia sendiri. Singapura wae isoh (saja bisa) kok dibagi tim jadi dua,” katanya.

Jika Malaysia tidak ikut, maka peluang Indonesia untuk menjadi juara umum semakin besar.

Yen ra melu (kalau tidak ikut) Indonesia sudah pasti juara umum lo, yang rugi siapa?,” ujarnya.

Sementara itu, Wasekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto membenarkan mundurnya jadwal pelaksanaan APG XI 2022. Jika sebelumnya APG berakhir tanggal 31 Juli, maka dengan jadwal yang sekarang akan selesai tanggal 6 Agustus.

Advertisement

“Alasannya, karena dari pemerintah ada gebyar proklamasi bulan Agustus, dan nuansa hari kemerdekaan,” kata Rima.

Menurut Rima, hanya Malaysia yang keberatan dengan informasi mundurnya jadwal APG 2022 tersebut. Pihaknya masih mengkomunikasikan dengan tim Malaysia.

Disinggung  kesiapan atlet NPC Indonesia, Rima memastikan tidak akan terganggu dengan mundurnya jadwal APG XI tersebut. Justru persiapannya lebih baik. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement