Connect with us

Olahraga

Layanan Servis Kursi Roda Laris Selama Perhelatan APG XI Solo

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Layanan servis kursi roda di APG XI disediakan panitia di sejumlah venue. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Layanan servis kursi roda di event ASEAN Para Games (APG) XI 2022, ramai didatangi atlet berkursi roda. Seperti atlet wheelchair tennis, wheelchair basket, boccia serta para badminton. Para atlet pun mengaku merasa terbantu dengan keberadaan layanan tersebut.

Layanan servis gratis kursi roda ini ada di sejumlah venue pertandingan. Seperti di venue wheelchair tennis di Manahan, venue wheelchair basket di GOR Sritex Solo dan di venue Para Badminton.

Menurut teknisi servis kursi roda di venue Manahan, Erik Supriyanto mengaku sejak pembukaan APG telah melayani lebih dari 100 kursi roda dan prostetik.

“Dalam sehari ada sekitar 10 sampai 20 kursi roda yang diperbaiki. Kalau di sini yang paling banyak ya dari cabor basket sama boccia,” jelas Erik, Jumat (5/8/2022).

Advertisement

Servis kursi roda ini gratis untuk para atlet tetapi jika mengganti sparepart, mereka harus membelinya. Layanan ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk di venue Manahan, layanan servis kursi roda ini berada di dekat latihan atletik depan gerbang utama Stadion Manahan.

“Kalau ditotal sudah ratusan kursi roda yang diservis sejak awal ASEAN Para Games lalu di layanan servis semuanya,” jelasnya lagi.

Menurur Eric,  kursi roda yang dibawa ke bengkelnya itu kebanyakan mengalami kerusakan pada ban dan laher penggerak. Layanan yang diberikan juga ada las khusus kursi roda baik yang terbuat dari besi atau alumunium.

“Untuk menyervis prostetik, ada kerjasama dengan mekanik dari Korea dan Thailand,” katanya.

Untuk melayani perbaikan kursi roda dari para atlet itu tidak butuh lama. Jika kerusakannya ringan maka hanya butuh waktu 10 sampai 30 menit untuk memperbaikinya.

Advertisement

Salah satu atlet boccia Indonesia, Felix Ardi Yuda mengaku sangat terbantu dengan keberadaan layanan servis kursi roda tersebut.

“Roda bagian depan sudah mulai kendor jadi harus diperbaiki. Sama ini sudah mulai ada karatan, nanti diganti. Kalau selama pertandingan, baru kali ini mengalami kerusakan,” ujar Felix.***

Lanjutkan Membaca