Connect with us

Olahraga

Rep Ceko dan Swedia Susul Polandia Boikot Tak Mau Tanding Lawan Rusia di Play Off

Avatar

Diterbitkan

pada

Tim nasional Rep Cekomenolak bertanding lawan Rusia. (Foto: Livescore.com)

FAKTUAL-INDONESIA: Republik Ceko telah bergabung dengan Polandia dan Swedia menolak untuk bermain melawan Rusia pada babak play-off kualifikasi Piala Dunia UEFA bulan depan.

Rusia menginvasi Ukraina pada hari Kamis, setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan politik di wilayah tersebut. Konflik meningkat lebih lanjut pada hari Jumat, dengan pertempuran mencapai ibu kota Kyiv. Terjadi pertempuran sengit di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, pada Minggu (27/2/2022).

Dikonfirmasi oleh Asosiasi Sepak Bola Polandia pada hari Sabtu bahwa mereka akan menolak untuk memainkan semifinal play-off ‘Path B’ yang dijadwalkan melawan Rusia.

Rusia telah ditetapkan menjadi tuan rumah Polandia pada bulan Maret, tetapi pada hari Jumat, UEFA mengatakan setiap pertandingan internasional yang akan diadakan di Rusia atau Ukraina harus dipindahkan ke tempat netral, serta mengkonfirmasikan St Petersburg telah dicabut dari penyelenggaraan musim ini. Final Liga Champions, yang sekarang akan dimainkan di Paris.

Itu mengikuti permintaan dari FA Polandia, Swedia dan Ceko bahwa Rusia dilarang menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Dunia mendatang. Pemenang pertandingan antara Polandia dan Rusia akan bermain melawan Swedia atau Republik Ceko untuk memperebutkan satu tempat di Qatar 2022.

Advertisement

Terlepas dari deklarasi UEFA, kekuasaan untuk memutuskan di mana kualifikasi dimainkan dan apakah Rusia dapat tetap menjadi bagian dari mereka pada akhirnya berada di tangan FIFA.

Mengumumkan boikot mereka, presiden FA Polandia Cezary Kulesza mengatakan tiga asosiasi nasional bekerja untuk menemukan “posisi bersama” dan itu sekarang telah tercapai. FA Swedia mengatakan pada hari Sabtu bahwa tidak mungkin untuk bermain melawan Rusia “di mana pun pertandingan itu dimainkan” dan pada hari Minggu FA Ceko mengambil sikap yang sama.

Sebuah pernyataan yang diposting di Twitter berbunyi: “Komite eksekutif FA Ceko, anggota staf, dan pemain tim nasional setuju bahwa tidak mungkin bermain melawan tim nasional Rusia dalam situasi saat ini, bahkan di tempat netral. Kita semua menginginkan perang. berakhir secepat mungkin.”

Badan sepak bola dunia FIFA sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “mengutuk penggunaan kekuatan oleh Rusia di Ukraina dan segala jenis kekerasan untuk menyelesaikan konflik. Kekerasan tidak pernah menjadi solusi dan FIFA menyerukan semua pihak untuk memulihkan perdamaian melalui dialog konstruktif”.

FIFA juga terus mengungkapkan solidaritasnya kepada orang-orang yang terkena dampak konflik ini.

Advertisement

“Mengenai masalah sepak bola di Ukraina dan Rusia, FIFA akan terus memantau situasi dan pembaruan sehubungan dengan kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 mendatang akan dikomunikasikan pada waktunya.” ****

Lanjutkan Membaca