Connect with us

Olahraga

Hadirkan Inovasi, PT OMM Sukses Ciptakan Persaingan Seru Pembalap Hingga Seri Akhir OnePrix 2023 Putaran 5 di Semarang

Avatar

Diterbitkan

pada

Panitia gelar jumpa pers jelang seri pamungkas OnePrix di Semarang. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Ajang OnePrix 2023 memasuki putaran terakhir yang artinya dalam dua hari mendatang, teka-teki soal siapa juara musim ini akan terjawab. Sesuai dengan calendar of event yang dicanangkan sejak awal musim, gelaran Putaran 5 atau Putaran Final ini berlangsung di Sirkuit Mijen, Semarang.

Sesuai dengan calendar of event yang disusun sejak awal tahun, OMM berkomitmen menyelenggarakan OnePrix sesuai waktu dan tempat yang sudah direncanakan. Perubahan tempat di putaran sebelumnya (Putaran 4) lebih disebabkan oleh teknis kesiapan venue. Sesuai diskusi dengan IMI – sebagaimana yang juga dilakukan pada tahun sebelumnya, OMM akan berdiskusi dan meninta masukan dari stakeholder utama
yaitu IMI dan tim balap. Tujuannya jelas yakni untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan event pada tahun-tahun mendatang. Termasuk beberapa inisitif yang inovatif agar event balapan menjadi berkelanjutan.

Berkaca dari keberhasilan menggelar OnePrix di Mijen musim lalu, PT OMM kembali hadir menyapa para penggemar balap motor tanah air di Semarang dan sekitarnya. Dalam dua hari yakni Sabtu (11/11/2023) dan Minggu (12/11/2023), para pembalap memberikan segenap kemampuan terbaiknya demi meraih hasil maksimal, terutama kandidat juara.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penyelenggaraan musim ini yang mana juara dari keempat kelas utama belum diketahui hingga putaran terakhir. PT OMM selaku penyelenggara, optimistis animo masyarakat tahun ini akan tinggi.

“Musim lalu, untuk pertama kalinya kami berhasil menggelar OnePrix di sini,” kata CEO PT OMM. “Kami menilai animo pecinta otomotif di Jawa Tengah, khususnya Semarang, sangat tinggi. Jika ditanya apa yang menarik, tentu saja persaingan dan kompetisinya. Ini adalah putaran final. Jadi, besar kemungkinan para peserta akan menunjukan performa terbaiknya. Apalagi sampai putaran final ini beberapa nama masih berpeluang juara.”

Advertisement

Sepanjang musim kompetisi 2023, PT OMM berhasil melakukan sejumlah terobosan demi menyemarakkan gelaran OnePrix. Salah satunya adalah penyelenggaraan turnamen di luar Pulau Jawa yang belum pernah ada pada musim-musim sebelumnya.

Pada Putaran 2 yang berlangsung awal Juni tahun ini, OnePrix berhasil menyelenggarakan balapan di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya.
Kemudian, pada musim ini pula diadakan sesi Superpole yang menjadi momen terbaik para pembalap untuk menambah perolehan poin. Dari tiga putaran yang sudah digelar, tiga pembalap dari tim ASR VMK yakni Hafid Pratama (Putaran 1), Muhammad Faerozi (Putaran 2), dan Adytya Fauzi (Putaran 3), berhasil meraih podium tertinggi pada sesi Superpole. Sedangkan satu lainnya menjadi milik Husni Zainul Fuadzy yang sukses melakukannya pada Putaran 4.

Dari aspek non-kompetisi, sejumlah terobosan juga berhasil dilakukan. Salah satunya adalah mengangkat konsep budaya lokal pada pakaian umbrella girls di Palangka Raya dan Tasikmalaya. Tema budaya juga menjadi salah satu fokus konten-konten OnePrix di media sosial yang secara tidak langsung, juga turut membantu mengangkat kebudayaan lokal pada setiap kota penyelenggara.

Penyelenggaraan event di daerah juga memilili dampak positif lain, salah satunya mendorong geliat ekonomi nasional. Tidak jarang dalam penyelenggaraannya, OnePrix menggandeng pihak masyarakat setempat untuk berpartisipasi. Selain itu pula, perputaran ekonomi selama event berlangsung juga menggeliat. Pada saat bersamaan, industri olahraga industri tanah air juga semakin berkembang dan mendorong pertumbuhan nilai ekonomi daerah.

“Tahun ini kami mencoba keluar dari zona nyaman dengan menyelenggarakan event OnePrix di luar Jawa dan itu berhasil,” ucap Arlan. “Animo di Palangka Raya sangat luar biasa dan kami berharap ini menjadi langkah awal kami untuk menjajaki kota-kota lain, khususnya yang berada di luar Jawa. Kemudian ada Superpole yang musim ini menambah sengit perburuan poin para riders. Lalu dari aspek non kompetisi, kami mencoba juga melakukan pendekatan budaya. Seperti penggunaan pakaian adat untuk umbrella girls di Palangka Raya dan
Tasikmalaya.”

Advertisement

Komunitas juga menjadi salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan musim ini. Sebagai salah satu komitmen PT OMM yang ingin merangkul pecinta balap tanah air komunitas-komunitas motor juga selalu dilibatkan dalam setiap penyelenggaraan OnePrix di berbagai daerah musim ini. “Lalu kami juga mulai bersinergi dengan komunitas-komunitas motor karena kami merasa event balap motor tidak akan terlepas dari komunitas dan pencinta yang mendukungnya. untuk tahun depan kami berkomitmen untuk menghadirkan
inovasi-inovasi lain baik dari segi kompetisi dan non kompetisi.” jelasnya.

Posisi 5 Besar Klasemen Sementara di Empat Kelas Utama:

Kelas Expert OP1
1. Alfi Husni Zainul Fuadzy – 153
2. Hafid Pratama – 144
3. Adytya Fauzi – 112
4. M. Faerozi – 107
5. Aldiaz Aqsal Ismaya – 95

Kelas Novice OP2
1. Chandra Hermawan – 128
2. Akbar Abud Abdallah – 112
3. Felix Putra Mulya – 91
4. Yosua Mbeo – 81
5. Fahmi Bassam – 80

Kelas Rookie OP3
1. Reykat Yusuf Fadillah – 145
2. M. Diandra – 135
3. Arai Agaska Dibani Laksana – 120
4. HF Rasya – 90
5. M. Zachry Akbar – 84

Advertisement

Kelas Beginner OP4
1. Resky YH – 152
2. Bintang Pranata Sukma – 153
3. Sabian Fathul Ilmi – 124
4. Danadyaksa Wida Pangestu – 112
5. Abimanyu Bintang Fermadi – 103.  ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement