Connect with us

Olahraga

Champions League 2022/23 – Dortmund Pencudangi Chelsea di Leg Pertama Babak 16 Besar

Avatar

Diterbitkan

pada

Karim Adeyemi memastikan keunggulan Dortmund. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Chelsea ‘dihukum’ akibat tampil boros di Borussia Dortmund setelah gol babak kedua Karim Adeyemi memastikan keunggulan tipis 1-0 di leg pertama babak 16 besar Champions League 2022/23.

Sisi Graham Potter akan memiliki keuntungan sebagai tuan rumah dalam pertandingan kembali di Stamford Bridge pada 7 Maret tetapi meninggalkan Signal Iduna Park merusak peluang yang hilang pada hari Rabu.

Joao Felix menyia-nyiakan sepasang peluang gemilang di babak pertama dalam pertemuan yang menghibur di Jerman, sebelum gol Adeyemi di menit ke-63 menambah kesengsaraan bagi Chelsea setelah serangan balik yang kejam.

The Blues masih memiliki peluang untuk membalikkan keadaan, tetapi Potter dan anak buahnya tidak mampu melakukan perjuangan serupa di depan gawang pada leg kedua di London barat.

Thiago Silva menguasai bola di belakang gawang setelah 16 menit, hanya untuk melihat gol itu dianulir dan bek tengah itu diperingatkan karena handball yang tampaknya disengaja melewati Gregor Kobel.

Advertisement

Peluang terus mengalir di babak pertama yang hingar bingar saat Marius Wolf mengiris peluang emas melebar dan Sebastien Haller melepaskan tembakan tipis dari target dari pembukaan yang bagus.

Joao Felix melakukan tembakan yang sia-sia sebelum membentur mistar gawang setelah berlari kencang, sementara panah Wolf hanya melebar dengan Kepa Arrizabalaga berebut.

Kobel melakukan penyelamatan ahli untuk menggagalkan tendangan bebas tepat Reece James setelah jeda, sebelum penjaga gawang Dortmund menggagalkan tendangan voli dari bek kanan Inggris segera setelah itu.

Adeyemi sangat klinis ketika Dortmund mematahkan sepak pojok yang dihasilkan, dilepaskan oleh Raphael Guerreiro dan melewati Enzo Fernandez sebelum membulatkan Kepa untuk mencetak gol.

Emre Can kemudian membersihkan garis setelah upaya Kalidou Koulibaly menggeliat di bawah Kobel, yang mempertahankan keunggulan tipis Dortmund dengan penyelamatan bagus dari Fernandez di menit terakhir.

Advertisement

Keuntungan Dortmund

Dortmund mengalahkan tim Inggris di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 11 upaya, meskipun kemenangan pertama mereka sejak Maret 2016 – melawan Tottenham – datang dengan keberuntungan.

Potter akan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan tim Chelsea-nya untuk melewati Kobel dalam pertemuan balasan setelah sepasang kesalahan Joao Felix kembali menghantui The Blues di laga tandang.

Performa yang berulang di kandang mungkin cukup untuk mengalahkan Dortmund, tetapi pasukan Potter tidak dapat berharap untuk memiliki begitu banyak peluang lagi karena mereka akan segera tersingkir dari Eropa.

Sementara Brandt yang brilian menciptakan empat peluang dalam tampilan yang produktif, Adeyemi akan mencuri berita utama untuk golnya yang luar biasa saat istirahat.

Advertisement

Pemain berusia 21 tahun itu telah mencetak gol di masing-masing dari tiga penampilan kompetitif terakhirnya – satu gol lebih banyak dari 20 pertandingan pertamanya untuk BVB.

Kai Havertz telah berulang kali dipercaya oleh Potter untuk memimpin lini Chelsea, namun pemain internasional Jerman itu mengalami nasib yang tidak asing lagi saat melawan BVB.

Penyerang ini berhasil menciptakan empat peluang dan juga mencoba empat tembakan, tetapi dia kini telah memainkan delapan pertandingan melawan Dortmund tanpa mencetak gol – lebih banyak dari melawan lawan lain dalam karir klubnya. Dia telah kehilangan semua lima pertandingan tandang melawan Dortmund.

Berikutnya Chelsea kembali ke aksi Premier League di kandang melawan Southampton pada hari Sabtu, sementara Dortmund menjamu Hertha Berlin pada hari berikutnya di Bundesliga. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement