Connect with us

Olahraga

Ditunjuk APBF, Gabsi akan Gelar The 4th ASIA Cup Bridge Championship Sebaik Mungkin Oktober 2022

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: The 4th ASIA Cup  Bridge Championship akan diselenggarakan oleh Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB Gabsi) yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Asia Pacific Bridge Federation (APBF) di The Sultan Hotel Jakarta pada tanggal 19-25 Oktober 2022.

Event  Asia Cup yang merupakan event 4 tahunan ini dirancang pada awalnya sebagai persiapan untuk bisa berpartisipasi di multi event Asian Games.

Diawali tahun 2010 di Ning Bo China kemudian tahun 2014 di Wu Yi China dan terakhir 2018 di Goa India sekaligus pada tahun itu juga cabang olahraga bridge untuk pertama kalinya dipertandingkan di Asian Games 2018 di Jakarta.

Kesuksesan terus berlanjut karena pada Asian Games 2022 di Hangzhou China bridge juga dipertandingkan. Asian Games yang seharusnya diselenggarakan tahun 2022 kemudian ditunda ke September 2023 karena covid.

Advertisement

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, menurut Presiden APBF Kunying Esther Soponpanich menjadikan The 4th Asia Cup ini menjadi ajang pemanasan untuk Asian Games Hangzhou. Oleh sebab itu lanjutnya nomor yang dipertandingkan disesuaikan dengan nomor yang akan dipertandingkan di Asian Games ditambah nomor senior team lanjutnya.

Kenapa hal ini ditekankan karena selama ini dalam pertandingan bridge tidak ada batasan gender untuk peserta di bagian putra oleh sebab itu disebut open team bukan Man Team, Nah karena The 4th Asia Cup merupakan pemanasan untuk Asian Games sehingga pada event ini disebut Man Team yang berakibat tidak boleh ada pemain wanita ikut bergabung,

Selanjutnya Ketua Panpel Mayjen TNI (Purn) Ivan Ronald  Pelealu SE.MM menyatakan kami akan menyiapkan event ini sebaik mungkin sehingga memberikan kesan yang baik kepada para peserta tentang keramahan tamahan Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia sebagai tuan rumah.

Ketua Umum PB Gabsi Prof. Dr. Miranda S Goeltom SE,, MBA mengatakan, pemilihan The Sultan Hotel sebagai tempat pertandingan setelah mempertimbangkan soal kemacaetan di Jakarta yang telah kembali normal serta  The Sultan Hotel merupakan satu area dari Gelora Bung Karno sehingga peserta bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga dan enak sekali untuk melakukan olahraga pagi sebelum bertanding. Selain itu The Sultan Hotel dikelilingi mall, yaitu Plaza Senayan, Senayan City, Pacific Place dan 2 mall lebih kecil FX serta  ITC Senayan. Ini jelas akan sangat membantu dan memudahkan peserta lanjut Miranda.

Selanjutnya mengenai nomor yang akan dipertandingkan pada event ini adalah Man Team, Woman Team, Mixed Team dan Senior Team serta Open Pairs.

Advertisement

Pada nomor Man, Woman dan Mixed Team setiap negara boleh mengirimkan 1 team sedangkan untuk nomor senior team boleh menyertakan 2 tim dengan catatan hanya dibatasi maksimum 16 tim sehingga peserta yang diterima sesuai urutan yang mendaftar. Berbeda dengan nomor pasangan karena ini bersifat terbuka. Hadiah untuk nomor pasangan selain kepada juara umum juga diberikan hadiah untuk pemenang Woman, Mixed dan Senior Pairs.

Pertandingan akan diawali dengan upacara pembukaan pada tanggal 19 Oktober 2022 pukul 16.30 – 18.00 dan selanjutnya pertandingan babak penyisihan pada tanggal 20-23 Oktober 2022 dilanjutkan Semi Final pada tanggal 24 Oktober dimana degelar juga Open Pair babak penyisihan dan pada hari terakhir 25 Oktober ada Babak Final team dan Final Open Pairs serta consolation pair, Dilanjutkan dengan upacara penutupan sekaligus upacara penyerahan hadiah yang mengikuti aturan Asian Games dimana ada pengalungan medali, menaikan bendera pemenang serta mendengarkan lagu kebangsaan dari negara asal sang juara.

Ada 24 negara anggota World Bridge Federation (WBF) yang diundang, yaitu 12 negara dari Zone VI APBF, 10 negara dari Zone IV Asia & Middle East serta 2 negara undangan dari Zone VII South Pacific.

Sampai saat berita ini diturunkan Australia, Bangladesh, Jepang, Taiwan, Korea, India, Thailand, Singapura sudah menyatakan kesediaan untuk mengirimkan tim.

Informasi lengkap mengenai event ini bisa dilihat disini : http://apbf.net/ ***

Advertisement

•           Bert Toar Polii – pemain nasional bridge yang mendapat Satya Lencana olahraga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkap pelatih, jurnalis dan di PB Gabsi sebagai Ketua Bidang Humas

Lanjutkan Membaca
Advertisement