Connect with us

Nusantara

Warga Solo Rela Antre Berjam-jam Demi Dapatkan Minyak Goreng Curah

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Warga rela antre berjam-jam demi mendapatkan minyak.goreng curah di Solo. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Demi mendapatkan minyak goreng curah seharga Rp15.300 per kilogram (kg), puluhan warga di Solo rela antre berjam-jam di depan Toko Nugroho, salah satu distributor minyak goreng curah di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/2/2022).

Bahkan diantara mereka sudah antre sejak pagi sebelum toko buka. Selain harus rela antre, untuk bisa mendapatkan minyak goreng curah mereka harus membeli dalam bentuk paketan dengan barang lain yang dijual di toko tersebut. Seperti tepung dan gula.

“Sudah antre lama sudah tiga jam di sini. Ada nomor urutnya, saya dapat nomor 97 sama 98, tapi untuk beli minyak goreng harus ada syaratnya. Beli minyak harus sama tepung atau gula gitu,” ujar salah satu yang mengantre, Ari Darmi (60).

Dirinya terpaksa rela lama antre demi mendapatkan minyak goreng curah yang harganya lebih murah.

Advertisement

“Karena saya butuhnya juga untuk produksi makanan onde-onde jadi ya sekalian beli tepung juga. Paling tidak untuk produksi butuh 50 kg minyak goreng,” kata warga Telukan, Sukoharjo itu.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnta, Mirta Aulia (25). Dia sudah mengantre sejak pukul 07.00 WIB dan mendapatkan nomor antrean 40. Sudah satu bulan ini, dirinya harus mengantre untuk mendapatkan minyak goreng curah.

“Belinya 20 kilogram, kemarin saya ke sini jam 10.00 WIB tapi jam 14.00 WIB sudah tutup. Jadi antre lama sia-sia gak dapat apa-apa,” katanya.

Minyak goreng yang dibelinya itu untuk dijual kembali di warung milik orangtuanya. Kebanyakan yang membeli di warungnya adalah pedagang kecil.

“Pemerintah tolong dilihat dong rakyatnya kayak gini. Tolong ya pak,bapak dipilih sama rakyat untuk dengerin omongan kita,” harapnya.

Advertisement

Sementara itu menurut mandor Toko Nugroho, Watik,  pasokan minyak goreng curah memang dibatasi. Dalam satu hari hanya dapat pasokan  12.000 liter tapi jumlah tersebut tidak pasti.

“Kita tutup jam 16.00 WIB  tapi biasanya jam 14.00 WIB sudah habis. Kalau pembelian kadang dibatasi tergantung stok yang kita dapat,” jelasnya.

Untuk harga minyak goreng curah hari ini dijual Rp15.300 per kg, sehari sebelumnya masih dijual dengan harga Rp15.400 per kg.

Menurut Watik, syarat membeli minyak goreng harus dengan paket barang lain tersebut dilakukan agar antrean pembeli tidak semakin panjang.

“Tergantung yang dibutuhkan, bisa digandeng dengan tepung atau.gula,” jelasnya lagi.

Advertisement

Untuk harga minyak goreng curah di tingkat pedagang di Kota Solo saat ini mencapai Rp16.500 hingga Rp17.000 per kg. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement