Connect with us

Nusantara

Jamaah Haji Debarkasi Solo Mulai Tiba Jumat Malam di Bandara Adi Soemarmo Solo

Avatar

Diterbitkan

pada

Jamaah haji Debarkasi Solo tiba di tanah air Jumat malam. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Jamaah haji Debarkasi Solo mulai tiba di tanah air, Jumat (15/7/2022) malam. Kloter 1 asal Kabupaten Pati dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo,  pukul 22.15 WIB.

Kedatangan jamaah haji kloter 1 dari Kabupaten Pati  itu akan disambut Wakil Gubernur Jawa Tengah,Taj Yasin.

“Proses 1 jam untuk jamaah turun dari pesawar dan dibawa ke Asrama Haji Donohudan sehingga kita agendakan jam 23.00 nanti disambut Wakil Gubernur Taj Yasin,” jelas Koordinator Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Sarip Syahrul Samsudin, di Asrama Haji Donohudan Solo, Jumat (15/7/2022).

Setiba di tanah air, jamaah tidak akan menjalani karantina. Sarip mengatakan penanganan khusus hanya diberikan kepada jamaah yang suhu tubuhnya 37,5 derajat celcius ke atas.

“Kami belum mendapatkan informasi dari pusat terkait karantina. Tapi ada penanganan khusus jika ditemukan jamaah yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat,” jelasnya lagi.

Advertisement

Petugas PPIH Debarkasi Solo bidang kesehatan telah menyiapkan thermal scanner dan thermal gun untuk mendeteksi suhu tubuh jamaah haji yang baru tidak dari Tanah Suci.

“Jika  suhu tubuh di atas 37,5 akan diobservasi.  Akan dilakukan swab dan  dicek dari bidang kesehatan. Jika mendapat hasil positif maka nanti akan dilakukan tindakan,” katanya.

Jika dibutuhkan tindakan, aka pihak Asrama Haji Donohudan telah menyiapkan RS darurat selain itu setiap daerah juga membawa mobil ambulan sendiri-sendiri.

Sementara itu, dari jumlah jamaah yang diberangkatkan dari Embarkasi  Solo sebanyak 15.447 jamaaah,  sebanyak 8 diantaranya meninggal di Tanah Suci. Sehingga saat ini jumlah jamaah Debarkasi Solo yang akan tiba sebanyak 15.439 orang.

Kedelapan haji yang meninggal tersebut, maisng-masing 1 orang dari kloter 15 Kabupaten Sragen, kloter 2 Kabupaten Pati,  kloter 27 Kabupaten Kebumen, kloter 3 Kabupaten Jepara,  kloter 35 Kabupaten Pemalang, kloter 7 Kabupaten Demak, kloter 27 Kabupaten Kebumen dan kloter 26 kabupaten Cilacap.

Advertisement

“Kepulangan jamaah haji dibagi menjadi 44 kloter dimana kloter 44 merupakan kloter sapu jagad,” pungkasnya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement