Connect with us

Nasional

Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol yang Perlu Diwaspadai

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menghindari kecelakaan di jalan tol

Ilustrasi cara menghindari kecelakaan di jalan tol (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Jalan tol merupakan salah satu jalan yang kerap dipilih para penggendara kendaraan roda empat yang menciptakan kenyamanan karena jalannya mulus dan lebar saat melakukan perjalanan jauh. Meski begitu, bukan berarti bebas dari risiko. Banyak orang yang tidak memperdulikan cara menghindari kecelakaan di jalan tol dengan benar.

Kecelakaan di jalan tol sering terjadi diakibatkan jalanan yang mulus membuat para pengendara mengendarai mobil dengan kecepatan diatas rata-rata. Selain itu, terjadinya kecelakaan juga terjadi karena kurangnya kesadaran berlalu lintas.

Jadi, berhati-hatilah. Paculah kendaraan dengan batas kecepatan yang ditentukan atau berhentilah ke rest area terdekat apabila mengantuk untuk mencegah terjadi kecelakaan dijalan yang bisa saja terjadi.

Baca juga: Sopir Mengantuk, Vanessa Angel Dan Suami Tewas Di Tol Jombang

Berikut beragam cara menghindari kecelakaan di jalan tol yang telah faktualid.com rangkum dari laman ntmcpolri.info dan Instagram @official.jasamargatransjawatol

Tips atau cara menghindari kecelakaan di jalan tol

  1. Usahakan untuk tetap melajukan kendaraan berada di lajur kiri, dan tidak terlalu sering berpindah lajur, terkecuali untuk mendahului sebagai cara menghindari kecelakaan di jalan tol.
  2. Usahakan untuk tidak melaju di bawah kecepatan minimum yakni 60 km/jam atau melebihi kecepatan maksimum yakni 80 km/jam, tidak lupa untuk memperhatikan rambu-rambu yang terpasang.
  3. Nyalakan lampu kecil saat hujan tiba dan kurangi kecepatan pada permukaan jalan basah. Pedoman jarak aman adalah sesuai kecepatan kendaraan, yaitu kecepatan 80 km/jam.
  4. Beristirahat saat merasakan ngantuk dan rasa lelah menyerang dengan menepikan kendaraan ke tempat istirahat. Tidur sejenak atau minum secukupnya. Bisa juga melakukan gerakan-gerakan ringan dan hal bermanfaat lainnya.
  5. Jika ingin berpindah jalur, pastikan kendaraan yang ada di belakang maupun yang berada di depan posisinya sudah dalam keadaan benar-benar aman.
  6. Pasti menyalakan lampu isyarat saat berpindah lajur dan bergerak pada saat yang tepat. Jangan lakukan gerakan memotong karena itu sangat berbahaya.
  7. Hindari menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Bahu jalan hanya digunakan untuk berhenti dalam keadaan darurat.
  8. Jika ada pekerjaan di jalan tol, perhatikan rambu dan petunjuk yang terpasang.
  9. Jangan membuang benda apa pun keluar mobil, seperti sampah makanan yang dapat mengganggu pengguna jalan lain hingga terjadi kecelakaan.
  10. Jangan coba-coba menyingkirkan benda-benda di sepanjang jalan tol seorang diri. Hal tersebut sangat berbahaya. Segera hubungi bagian informasi jalan tol jika ada benda yang mengganggu.

Tips lainnya

  1. Hindari mengemudi agresif, berkendara dengan demikian terlebih menggunakan emosional dan cenderung tidak memperdulikan keadaan pengendara lain.
  2. Jangan terburu-buru, hindari agar tidak membahayakan pengguna jalan tol lain. Alih-allih menciptakan selsih waktu yang besar, nyata hanya selisish beberapa menit saja.
  3. Tingkatkan kesabaran, jangan terpancing emosi jika ada pengendara lain seperti saling berebut untuk masuk gardu tol tanpa mau mengalah.
  4. Jaga jarak aman, cara menghindari kecelakaan di jalan tol satu ini sering diabailkan. Jagalah jarak setidaknya 3-5 detik agar nanti bisa mengurangi kecepatan atau bermanuver ke kanan atau kiri menghindari benturan.

Itulah beberapa cara menghindari kecelakaan di jalan tol. Selain cara di atas, memeriksa kendaraan sebelum berpergian sangat penting. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima, terlebih jika menempuh jarak lebih dari 300 km.***

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Advertisement
Lanjutkan Membaca