Connect with us

Nasional

Ini Kronologi Pesawat Lion Air yang Terbakar di Udara, Penumpang Selamat

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi pesawat Lion Air yang alami kendala masalah. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pesawat Lion Air JT-330 rute Jakarta-Palembang dilaporkan putar balik ke Bandara Soekarno-Hatta usai lepas landas. Pesawat itu diduga alami terbakar di udara dan mengalami kendala teknis.

Meski demikian dipastikan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Polda Metro Jaya memastikan penumpang pesawat Lion Air Jakarta-Palembang tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, pesawat tersebut berhasil mendarat kembali ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi mengalami kendala teknis dan langsung return to base ke Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Zulpan, Rabu (28/10/2022).

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro. Dia menyampaikan awalnya pesawat tersebut sudah diperiksa berdasarkan standard operating procedure (SOP) dan dinyatakan layak terbang.

Advertisement

“Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre-flight check),” kata Danang dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Pesawat tersebut sempat lepas landas. Kemudian, pilot pesawat merasakan ada yang aneh pada bagian mesin hingga terpaksa kembali lagi ke Bandara Soekarno-Hatta.

Berikut ini kronologi pesawat JT-330 putar balik ke bandara:

17.13 WIB
Danang menjelaskan pesawat mulanya lepas landas sekitar pukul 17.13 WIB. Dia menyatakan pesawat membawa serta 6 kru dan 169 penumpang.

“Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 (enam) kru dan 169 tamu (penumpang),” ucapnya.

Advertisement

Dia mengatakan pesawat mulanya berjalan normal. Namun, setiba di ketinggian 3.000 kaki, pilot merasakan adanya permasalahan di bagian mesin pesawat.

“Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,” ujar dia.

17.52 WIB
Kemudian, pesawat Lion Air tersebut dikabarkan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 17.52 WIB. Corporate Communications Bandara Soekarno-Hatta Kholik membenarkan hal tersebut.

“Dari informasi yang kami dapatkan benar telah dilakukan RTB (return to base) pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini pukul 17.52 WIB,” ucap Kholik.

Setelah itu, pesawat dilaporkan mendarat secara normal dan aman. Seluruh penumpang pun diarahkan ke ruang tunggu setelah itu.

Advertisement

Kemudian, pihak Lion Air mengganti pesawat JT-330 tersebut dengan pesawat lainnya dengan model Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat pengganti itu disebut kembali terbang sekitar pukul 19.20 WIB. Seluruh penumpang ditransitkan ke pesawat tersebut.

20.20 WIB
Kemudian, pesawat dilaporkan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pada pukul 20.20 WIB.

“Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB,” ucap Danang.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement