Connect with us

Ibu Kota

Jembatan Kapin Pondok Kelapa Ditutup, Alih Fungsi Jadi Ruang Terbuka Hijau

Avatar

Diterbitkan

pada

jembatan kapin

Jembatan Kapin Jalan Laksamana Malahayati, Pondok Kelapa, Duren Sawit Pondok Kelapa Ditutup (Foto: Kompas)

FAKTUAL-INDONESIA: Jembatan Kapin yang berada di Jl. Kapin dan Jl. Laksamana Malahayati, Pondok Kelapa, Duren Sawit Pondok Kelapa ditutup mulai Kamis (28/7/2022). Nantinya, jembatan itu akan berubah fungsi menjadi ruang terbuka hijau (RTH)

Jembatan tersebut ditutup menggunakan movable concreate barrier (MCB) oleh petugas gabungan dari Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Timur, TNI-Polri, hingga Satpol PP.

Penutupan tersebut dilakukan karena jembatan Kapin kerap menimbulkan kemacetan, khususnya saat pagi dan sore hari.

“Ini kan bagian dari manajemen rekayasa lalu lintas, manajemen lalu lintas di sepanjang Jalan Laksamana Malahayati. Ada beberapa titik, salah satunya titik krusial ada di Jalan Kapin, jembatan penghubung,” kata Kepala Sudin Jakarta Timur, Dody Setiono, Kamis (28/7/2022).

Dody menambahkan, penutupan jembatan tersebut juga menindaklanjuti laporan masyarakat karena di lokasi tersebut rawan kecelakaan akibat perilaku tak tertib pengendara yang kerap melawan arah dan memotong jalan.

Advertisement

Dengan ditutupnya Jembatan Kapin, pengendara dari arah Jakarta bisa memutar balik di u-turn Lampiri. Sementara pengendara dari arah Bekasi dapat memutar di Jembatan Curug.

Setelah ditutup, nantinya jembatan akan digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Hal itu katakan oleh Lurah Pondok Kelapa, Rasikin.

“Saya usulkan jadi taman atau apa yang penting bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Ruang terbuka hijau. Nanti seperti apa teknisnya, silahkan forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) bisa koordinasi dengan saya,” kata Rasikin, melansir Antara, Kamis (28/7/2022).

Rasikin mengatakan dengan penutupan Jembatan Kapin, diharapkan dapat mengurai kemacetan dan risiko kecelakaan yang sebelumnya kerap terjadi di lokasi tersebut.

Rasikin mengatakan penutupan Jembatan Kapin tersebut disambut baik oleh warga sekitar dan juga pengguna kendaraan bermotor yang sering melintas di lokasi tersebut.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement